Pikiran Rakyat
USD Jual 14.540,00 Beli 14.240,00 | Sedikit awan, 22.2 ° C

Korban Longsor Gunungbubut Direlokasi ke Pasirjambu

Tim Pikiran Rakyat
BUPATI Bandung Dadang M Naser saat melakukan peletakan batu pertama di tempat relokasi warga terdampak longsor Gunungbubut, yaitu di Kampung Cibubuay, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Minggu, 14 April 2019.*/BUDI SATRIA/PRFM
BUPATI Bandung Dadang M Naser saat melakukan peletakan batu pertama di tempat relokasi warga terdampak longsor Gunungbubut, yaitu di Kampung Cibubuay, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Minggu, 14 April 2019.*/BUDI SATRIA/PRFM

BANDUNG, (PRFM) - Sebanyak 18 Kepala Keluarga (KK) korban longsor Gunungbubut, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung akan direlokasi ke kampung Cibubuay, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Rencana relokasi ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan pada Minggu, 14 April 2019. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Akhmad Djohara mengatakan relokasi dilakukan, karena daerah Gunungbubut rawan pergerakan tanah dan longsor. "Kami lakukan peletakan batu pertama hunian tetap bagi penduduk Gunungbubut. Kami relokasi karena memang daerahnya terancam longsor," katanya saat On Air di PRFM kepada wartawan Rian Firmansyah, Minggu, 14 April 2019. 

Ia menambahkan, warga yang direlokasi itu nantinya akan menjadi penduduk baru Kampung Cibubuay. Dalam acara peletakan batu pertama tersebut, hadir pula Bupati Bandung Dadang M Naser, Camat Pasirjambu, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait, pegiat kebencanaan dan warga. "Ada acara seremonial, supaya semua paham, transparan tentang relokasi ini," katanya. 

Lebih lanjut Akhmad berharap relokasi yang dilakukan ini tidak asal. Pemerintah mesti memberikan pelayanan terbaik bagi warga yang terdampak bencana. "Relokasi ini juga diharapkan menjadi pilot project bagi kabupaten/kota lain, bahwa kami punya relokasi untuk penduduk terancam pergerakan tanah yang cukup memadai, bukan relokasi semata saja. Tapi, sarana penunjang lainnya seperi mesjid dan air bersih kami siapkan," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Naser bersyukur relokasi ini disambut baik oleh warga. Warga terdampak longsor Gunungbubut tidak keberatan direlokasi ke Kampung Cibubuay, Desa Cibodas. "Alhamdulilah warga Gunungbubut mau dipindahkan ke desa yang baru, desa Cibodas," katanya ketika ditemui pada kesempatan yang sama. 

Dadang mengatakan, dana yang digunakan untuk biaya relokasi ini bersumber dari CSR. Lantaran, anggaran kebencanaan kabupaten Bandung senilai Rp 20 Milyar, belum bisa dicairkan.  "Alhamdulilah ada dana CSR, karena dana kebencanaan tidak bisa digunakan secara langsung, ini harus dievaluasi," katanya. 

Lebih lanjut Dadang menuturkan, pembangunan hunian baru tersebut ditargetkan rampung 3 bulan. Namun, ia berharap pembangunannya bisa selesai lebih cepat dari target. "Kalau normal pembangunannya rampung 3 bulan, tapi mudah-mudahan 2 bulan selesai," katanya.***

Bagikan: