Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian cerah, 17.8 ° C

Tiga RSUD Siap Layani Caleg yang Gagal dan Stres

Ecep Sukirman
ILUSTRASI caleg stres.*/CANVA
ILUSTRASI caleg stres.*/CANVA

SOREANG, (PR).- Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mengaku telah menyiapkan perawatan medis khusus bagi para calon legislatif yang mengalami tekanan pikiran (depresi/stres) setelah pemilu 2019. Sebanyak tiga rumah sakit umum daerah Kabupaten Bandung dipersiapkan untuk melayani perawatan medis ini.

“RSUD Majalaya, Soreang, dan Cicalengka telah kami instruksikan untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi di kemudian hari bagi para calon legislatif yang gagal terpilih dalam pemilu ini,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 11 April 2019.

Dijelaskan Grace, layanan medis ini mencakup konsultasi terkait kesehatan yang dialami para calon legislatif yang gagal terpilih itu. Tentunya dari hasil konsultasi itu, lanjut dia, akan menjadi suatu penetapan diagnosa sehingga apa pun hasil diagnosa itu akan menjadi panduan bagi dokter yang menangani pasien tersebut.

“Kalau pun harus dilakukan rawat inap, tiga RSUD Kabupaten Bandung ini telah menyediakan kamar perawatannya. Itu sudah kami antisipasi hal itu. Untuk jumlah ruangan yang dipersiapkan, belum pasti berapa yang disediakan, namun rumah sakit umum daerah kami sudah menyiapkan kamar perawatan,” ucap dia.

Untuk diketahui, jumlah alokasi kursi parlemen di DPRD Kabupaten Bandung pada 2019 ini mengalami penambahan 5 kursi menjadi 55 kursi. Penambangan alokasi parlemen ini dipengaruhi adanya penambahan jumlah penduduk yang saat ini mencapai 3,5 juta lebih penduduk. Penambahan jumlah kursi ini mengacu pada Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Daerah pemilihan (dapil) di wilayak Kabupaten Bandung dibagi menjadi 7 dapil, yakni Dapil 1 meliputi Rancabali, Ciwidey, Soreang, Kutawaringin. Kemudian Dapil 2 meliputi Katapang, Margahayu, Margaasih, Dayeuhkolot. Selanjutnya, Dapil 3 mencakup Cileunyi, Cilengkrang, Cimenyan. Untuk Dapil 4 meliputi Rancaekek, Cicalengka, Cikancung, Nagreg. Kemudian Dapil 5 meliputi Solokanjeruk, Majalaya, Paseh, Ibun. Untuk Dapil 6 meliputi Baleendah, Pacet, Ciparay, Kertasari. Terakhir, Dapil 7 meliputi Cangkuang, Arjasari, Pangalengan, Cimaung, Banjaran, Pameungpeuk.

Penambahan jumlah kursi DPRD Kabupaten Bandung ini terjadi untuk Dapil 4 menjadi 7 kursi yang sebelumnya 6 kursi. Kemudian Dapil 5 menjadi 7 kursi (sebelumnya 6 kursi), Dapil 6 sebanyak 10 kursi (sebelumnya 8 kursi), dan Dapil 7 menjadi 10 kursi (sebelumnya 9 kursi). Sedangkan untuk Dapil 1 tetap 7 kursi, Dapil 2 sebanyak 8 kursi, dan Dapil 3 sebanyak 6 kursi.***

Bagikan: