Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sedikit awan, 16.1 ° C

Rp 16 Miliar Ajuan untuk  Revitalisasi Sarana dan Prasarana Situ Cileunca

Ecep Sukirman
KONDISI bangunan pujasera yang rusak   akibat tertimpa pohon  saat ada angin kencang pada November 2017. */ ECEP SUKIRMAN/PR
KONDISI bangunan pujasera yang rusak akibat tertimpa pohon saat ada angin kencang pada November 2017. */ ECEP SUKIRMAN/PR

SOREANG, (PR).-  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung akan merenovasi  bangunan pujasera yang ambruk di kawasan objek wisata Situ Cileunca, pada tahun 2020. Selain memperbaiki bangunan yang rusak, akan dilakukan juga penataan infrastruktur penunjang lain  di antaranya penataan lahan parkir dan revitalisasi sarana/ prasarana wisata lainnya.

Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Disparbud Kabupaten Bandung Rully Jaya Permana mengatakan, perencanaan perbaikan bangunan pujasera yang rusak itu sudah dilakukan tahun ini. Setelah dilakukan perencanaan, maka akan diajukan untuk perbaikan sarana pada 2020. Total anggaran yang diajukan dalam revitalisasi sarana dan prasarana di objek wisata Situ Cileunca itu sekitar Rp 16 miliar.

“Itu (anggaran revitalisasi) baru merupakan pengajuan. Kita belum mengetahui besaran anggaran yang akan disetujui nanti. Untuk revitalisasi ini, kami tidak hanya memperbaiki sarana kios rusak di pujasera itu, melainkan juga dengan penataan kawasan objek wisata lainnya di Situ Cileunca,” ungkap Rully saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu 10 April 2019.

Rully menjelaskan, upaya revitalisasi yang akan dilakukan di kawasan Situ Cileunca ini di antaranya renovasi kios pedagang, shelter papayungan, bungalow, photospot, kamar bilas, dan lahan parkir. Perencanaan penataan dan renovasi objek wisata Situ Cileunca ini dilakukan berdasarkan kesepakatan kerja sama yang telah diperbaharui antara Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan PT Indonesia Power selaku pemilik lahan kawasan Situ Cileunca.

Ke depan, lanjut dia, pihaknya pun akan mengajak kolaborasi 20 provider (penyedia jasa) arung jeram di sekitar kawasan Situ Cileunca untuk bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Bandung. Dengan adanya jalinan sinergi itu, kata Rully, diharapkan mampu mengembangkan objek wisata danau buatan tertua ini dengan lebih baik.

Rully juga menegaskan, jika nantinya sarana dan prasarana di Situ Cileunca ini sudah dibenahi, dia pun mengajak masyarakat sekitar  dan pedagang untuk turut menjaga kebersihan dan kenyamanan di sekitar kawasan objek wisata Situ Cileunca.

Diberitakan sebelumnya, pengunjung di objek wisata Situ Cileunca Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, mengeluhkan kurang tertatanya kawasan objek wisata. Banyaknya pedagang yang merangsek masuk ke dalam kawasan, menimbulkan kesan kumuh. Pengunjung mengaku tidak bisa menikmati suasana objek wisata dengan nyaman.***

 

Bagikan: