Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 25.2 ° C

Pengemudi Ojek Online yang Merokok Sambil Berkendara akan Ditilang

Ririn Nur Febriani
ILUSTRASI. GOJEK jadi Mitra Kamtibmas.*/DOK PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI. GOJEK jadi Mitra Kamtibmas.*/DOK PIKIRAN RAKYAT

 

CIMAHI, (PR).- Kementerian Perhubungan RI menekankan penerapan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 12 tahun 2019 pasal 6 huruf C tentang larangan merokok bagi ojek online karena dapat mengganggu konsentrasi. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi masih menunggu aturan teknis dari kementrian terhadap aturan yang bisa berbuah sanksi tilang dengan denda Rp 750.000 tersebut.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto, mengatakan, untuk menerapkan aturan tersebut, di Kota Cimahi pihaknya menunggu arahan pemerintah pusat.
"Kami belum mendapat arahan dari pusat terkait aturan itu, sehingga kami belum terapkan," ujarnya, Rabu, 3 April 2019.

Bahkan kata Ruswanto, Dishub Kota Cimahi hingga saat ini belum mendapat surat edaran terkait aturan tersebut. "Kami sangat dukung, apalagi aturannya untuk pengendara sepeda motor atau ojek online, bisa membuat pengendara tidak fokus kalau sambil merokok," katanya.

Ia mengatakan, jika Dishub Kota Cimahi sudah mendapat arahan dari pusat akan langsung berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. "Kalau sudah ada arahan, pasti kami berkoordinasi dengan aparat kepolisian karena bagaimana pun aturan itu penegakan hukumnya ranah mereka," ucapnya.

Sebelum diterapkannya aturan tersebut, kata dia, Dishub Kota Cimahi bersama aparat kepolisian akan melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak melanggar aturan yang diberlakukan Kemenhub pada 11 Maret 2019 tersebut. "Jadi saat pelaksanaan pengendara harus mengikuti aturan, kalau melanggar pasti dilakukan penindakan, sama seperti UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," kata Ruswanto.

Ketika dikonfirmasi, Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto, menyatakan pihaknya siap menerapkan penindakan tilang kepada pengendara yang melanggar aturan.
"Apabila Permenhub itu sudah diterapkan di Kota Cimahi kita siap tindak. Tapi aturannya kita akan pelajari dulu, tidak bisa begitu saja ditindak," katanya.

Disinggung terkait merokok saat mengendarai motor, Suharto menyatakan hal itu bisa mengganggu konsetrasi pengendara. "Sejak dulu aktivitas apapun yang mengganggu konsentrasi sudah dilarang, seperti menelefon saat berkendara. Namun untuk Permenhub ini yang diberlakukan bagi ojol, kami belum mendapat arahan dari instansi terkait jadi masih menunggu kepastiannya," tuturnya.***

Bagikan: