Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian berawan, 20.9 ° C

Peserta Lomba Menggambar Bisa Mengenal Helikopter dan Pesawat

Mochammad Iqbal Maulud
PESERTA tidak hanya ikut lomba menggambar tapi juga bisa melihat sejumlah jenis helikopter dan pesawat terbang.*/MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR
PESERTA tidak hanya ikut lomba menggambar tapi juga bisa melihat sejumlah jenis helikopter dan pesawat terbang.*/MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR

BANDUNG, (PR).- Memperingati HUT ke-62, Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara adakan sejumlah kegiatan. Kegiatan tersebut di antaranya adalah acara drum band, angklung, drive ding dan panggung hiburan untuk masyarakat.

"Tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk mendekatkan diri antara TNI AU dan masyarakat sekitar Lanud Husein Sastranegara. Sehingga nantinya diharapkan adanya sinergitas antara TNI AU dan masyarakat ini," kata Komandan Depohar 10, Kolonel Teknik M. Iskak Sugandi di Lapangan Depohar 10, Lanud Husein Sastranegara, pada Minggu 31 Maret 2019.

Menurut Iskak,‎ ada juga berbagai even lainnya dalam kegiatan ini. Di antaranya lomba menggambar bagi anak-anak yang diadakan di dalam hanggar. "Jumlah peserta menggambar dan mewarnai ini pun cukup banyak yaitu sebanyak 300 orang anak," ucapnya.

Alasan diadakannya lomba menggambar di dalam hanggar pesawat ini menurut Iskak adalah sebagai bentuk pengenalan dunia kedirgantaraan pada anak-anak. "Anak-anak pun sangat menikmati menggambar di dalam hanggar ini, karena selain menggambar mereka juga bisa melihat berbagai jenis pesawat terbang," ujarnya.

Disinggung mengenai perayaan ulang tahun ini, Iskak mengatakan ini adalah sebagai bentuk dari kecintaan Depohar 10 terhadap TNI AU. "‎Depo Pemeliharaan 10 adalah bagian dari TNI AU. Kami juga merupakan satuan pemeliharaan di bawah Koharmat AU, tugas kami adalah melaksanakan pemeliharaan pesawat berat yaitu pesawat Boeing dan Helikopter," katanya.

Antusiasme masyarakat yang cukup tinggi pada even ini pun tidak lepas dari informasi yang diberikan oleh Denpohar 10. Sudah jauh-jauh hari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara membewarakan acara ini ke sekolah-sekolah, dan keluarga besar TNI AU khususnya yang berada di Bandung Raya.

Komunitas kendaraan

Melalui promosi tersebut maka ribuan warga pun tampak pada acara di lapangan super besar tersebut. Terlihat pula beberapa stand makanan, bengkel motor, pakaian yang ada pada acara ini.‎ Ditambah ada juga beberapa komunitas kendaraan bermotor baik itu roda 2 maupun roda 4.

Pada acara tersebut dimeriahkan juga oleh penampilan dari grup band asal Bandung yang menasional yaitu The Changcuters. Pada kesempatan tersebut, Changcuters menyanyikan beberapa lagu andalannya, seperti racun dunia, I love bibeh dan lainnya.

Warga yang menonton pun sangat antusias saat band tersebut beraksi di panggung yang dibuat di depan hanggar‎. Bahkan warga yang tadinya tersebar di stand-stand, sedikit demi sedikit merapat ke bagian panggung yang berada tepat di tengah lapangan.

Selain penampilan band, terlihat juga beberapa jenis pesawat terbang dan helikopter yang dipampang di lokasi panggung. Momen ini pun dimanfaatkan oleh warga yang datang untuk melakukan swafoto.

Zaenal (29) warga asal Kabupaten Bandung pun berfoto bergantian bersama keluarganya. Menurut Zaenal dia baru pertama kali melihat helikopter dengan bentuk yang ada di lokasi tersebut.

"‎Anak saya minta difoto di helikopter ini, saya tidak tahu jenisnya apa, tetapi helikopter ini cukup unik, karena memiliki desain yang sedikit futuristik. Mudah-mudahan kelak anak saya bisa menjadi penerbang agar bisa menggunakan helikopter jenis ini," katanya.

Zaenal pun berharap acara-acara pengenalan kedirgantaraan seperti ini akan rutin dilakukan. Menurut dia dunia dirgantara ini belum sepenuhnya dikenal di masyarakat sehingga harus terus diinformasikan sebagai pengetahuan tambahan.***

Bagikan: