Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Sedikit awan, 25.8 ° C

Dana Logistik Kebencanaan Terbatas

Ririn Nur Febriani
Longsor.*/DOK. PR
Longsor.*/DOK. PR

CIMAHI, (PR).- Dana logistik kebencanaan yang dianggarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi hanya menganggarkan Rp  150 juta untuk tahun 2019. Dana tersebut dipakai untuk logistik kebutuhan dasar penanggulangan bencana.

"Nilai tersebut lebih kecil ketimbang dengan uang yang digelontorkan BPBD untuk belanja kebutuhan logistik yang sama, yakni mencapai Rp300 juta pada tahun 2018. Memang belum ideal, tapi kita harus manfaatkan anggaran yang ada sebaik mungkin," ujar Emir Faisal, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Cimahi, Rabu, 27 Maret 2019.

Logistik kebencanaan yang disediakan oleh BPBD Kota Cimahi merupakan logistik kebutuhan dasar, seperti makanan kaleng, obat-obatan, selimut, terpal, maupun peralatan kebersihan.

"Sistemnya, kita assesment dulu lokasi kejadian ketika bencana terjadi. Setelah ada hasilnya, baru kita inventarisir kebutuhan dan langsung kita salurkan ke korban bencana," katanya.

Berdasarkan tingkat kerawanan bencana nasional, Kota Cimahi termasuk dalam kategori kerawanan bencana sedang. Bencana yang terjadi di Cimahi biasanya meliputi banjir, longsor, kebakaran, kekeringan, serta sesekali diterjang puting beliung.

"Berbeda dengan daerah lain yang tingkat kerawanannya tinggi, Cimahi tidak terlalu ekstrem kerawananya. Paling sering banjir, dan kita selalu siaga setiap musim hujan tiba," ungkap Kepala Seksi Cegah Cegah Siaga BPBD Kota Cimahi Rezza Rivalsyah Harahap.

Kendati demikian, pihaknya berharap Pemerintah Kota Cimahi dapat menganggarkan tambahan armada yang saat ini masih kurang, seperti mobil bak terbuka yang urgensinya sangat prioritas.

"Kita mengajukan tambahan armada, terutama mobil bak terbuka, karena belum ada satupun. Motor juga perlu ditambah, sampai saat ini anggota pakai motor pribadi kalau mobile ke lapangan," katanya.

Untuk melihat kesiapan semua pihak di Kota Cimahi dalam menghadapi bencana, dalam waktu dekat BPBD Kota Cimahi bakal melaksanakan simulasi kebencanaan, salah satunya dilakukan di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi.

"Sebagai salah satu objek vital, tentu harus tahu bagaimana orang-orang di dalamnya menyelamatkan diri ketika bencana terjadi. BPBD, TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, dan stakeholder lainnya juga dilibatkan, untuk menjelaskan peran apa yang harus mereka lakukan saat Cimahi ini diterjang bencana," tuturnya.***

Bagikan: