Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Hujan singkat, 30.4 ° C

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Minta Kades Laporkan Intimidasi Pencairan Dana Desa

Cecep Wijaya Sari
AA Umbara Sutisna dan Hengky Kurniawan/CECEP WIJAYA/PR
AA Umbara Sutisna dan Hengky Kurniawan/CECEP WIJAYA/PR

NGAMPRAH, (PR).- Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menegaskan, tidak ada yang bisa menghalang-halangi pencairan Dana Desa. Jika ada oknum yang mengintimidasi, segera laporkan.

"Bisa ke saya langsung atau laporkan saja ke polisi. Para kades jangan takut, tenang saja," kata Aa Umbara Sutisna di Padalarang, Kamis 28 Maret 2019.

Aa Umbara Sutisna mengatakan hal itu setelah muncul keluhan dari para kades yang merasa diintimidasi pihak yang mengatasnamakan tim sukses bupati. Oknum tersebut meminta proyek kepada kades. Jika tak diberi, mereka mengancam bahwa Dana Desa tak bisa dicairkan.

Menurut Aa Umbara Sutisna, dia tak pernah menginstruksikan tim sukses untuk mengintervensi kepala desa, apalagi mengintimidasi. Proyek-proyek pembangunan desa harus dilaksanakan oleh pihak yang profesional.

"Jadi, Akur itu, saya dengan Hengky Kurniawan, kadang suka dicemari oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Saya tidak pernah menginstruksikan untuk minta-minta proyek," katanya.

Sejumlah kepala desa di Kabupaten Bandung Barat merasa diintimidasi oknum yang mengaku tim sukses bupati.  Menjelang pencairan Dana Desa, mereka mengaku didesak untuk menyerahkan proyek kepada kelompok tersebut.

Sejumlah kepala desa tersebut menerima pesan Whatsapp bernada ancaman. Pesan itu berisi agar segala proyek diserahkan keapda kelompok yang mengatasnamakan tim sukses bupati. Jika tidak, Dana Desa terancam tidak bisa dicairkan.

Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Kabupaten Bandung Barat naik signifikan. Tahun 2019, Dana Desa mencapai angka Rp 241 miliar, lebih besar dari tahun lalu yaitu Rp 198 miliar.

Pemerintah pusat juga mengucurkan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 120 miliar, lebih besar dari tahun lalu yaitu Rp 119 miliar.

Jika dijumlahkan, anggaran Dana Desa dan ADD tahun 2019 mencapai Rp 361 miliar bagi 165 desa di Kabupaten Bandung Barat.***

Bagikan: