Pikiran Rakyat
USD Jual 14.075,00 Beli 14.173,00 | Umumnya cerah, 32.6 ° C

Hafiz Quran Boleh Kuliah Gratis di Uninus

Eriyanti Nurmala Dewi
Alquran.*/REUTERS
Alquran.*/REUTERS

BANDUNG, (PR),- Universitas Islam Nusantara (Uninus) menyediakan beasiswa bagi para penghafal Alquran atau Hafiz pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. Beasiswa ini diberikan sebagai wujud apresiasi Uninus terhadap generasi pecinta Alquran.

Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Uninus, Andriana Gaffar, Rabu, 27 Maret 2019 di Gedung Rektorat Uninus, mengatakan, calon mahasiswa akan dibebaskan biaya SPP sesuai dengan tingkatan juz hafalan. Calon mahasiswa yang memiliki hafalan sebanyak 30 Juz, akan dibebaskan SPP selama 6 semester, yang 20 juz dibebaskan SPP selama 4 semester, dan yang 10 juz akan dibebaskan SPP selama 2 semester.

Andriana menambahkan, dari 21 Program Studi (Prodi) yang ada di Uninus, calon mahasiswa hafiz tersebut bebas memilih prodi sesuai dengan minatnya. “Tidak harus di prodi yang berada di Fakultas Agama Islam atau bahasa arab, mereka bebas pilih,” katanya.

Prodi tersebut antara lain Pendidikan Agama Islam, Perbankan Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) di Fakultas Agama Islam. Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi di Fakultas Ekonomi. Prodi Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Informatika di Fakultas Teknik. Prodi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum. Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Ilmu Perpustakaan di Fakultas Ilmu Komunikasi. Prodi Agroteknologi di Fakultas Pertanian. Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Pendidikan Masyarakat/Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Bahasa Aarab, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, dan Pendidikan Guru PAUD di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Setelah menjadi Mahasiswa, kata Andriana, mereka yang memiliki potensi dalam hafalan Alquran akan diberikan wadah untuk pengembangan hafalannya melalui unit kegiatan mahasiswa Iqraamul Qur’an (IQ), serta dibina pada Lembaga Pengembangan Tilawah Quran (LPTQ) Uninus untuk diikut sertakan dalam beberapa kegiatan perlombaan. “Uninus rutin berpartisipasi dalam kegiatan MTQ Mahasiswa Nasional, nanti, mereka yang mendapat beasiswa hafiz ini berkesempatan menjadi peserta delegasi Uninus,” ujarnya.***

Bagikan: