Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya berawan, 21.9 ° C

Gelar Pasukan Pemilu Serentak, Polres Cimahi Waspadai Hoaks

Ririn Nur Febriani
GELAR Pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Pemilu Serentak 2019 digelar di pelataran Mapolres Cimahi, Jalan Jenderal Amir Mahmud, Kota Cimahi, Jumat, 22 Maret 2019.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR
GELAR Pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Pemilu Serentak 2019 digelar di pelataran Mapolres Cimahi, Jalan Jenderal Amir Mahmud, Kota Cimahi, Jumat, 22 Maret 2019.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Pemilu Serentak 2019 digelar di pelataran Mapolres Cimahi, Jalan Jenderal Amir Mahmud, Kota Cimahi, Jumat, 22 Maret 2019. Segala bentuk kerawanan diantisipasi, termasuk penyebaran berita hoaks yang peredarannya meningkat jelang pencoblosan, 17 April 2019 mendatang.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, pengamanan Pemilu serentak yang terdiri dari Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 didukung penuh Pemkot Cimahi-Pemkab. Bandung Barat, Kodim 0609/Kab. Bandung serta unsur masyarakat.

"TNI-Polri didukung pemerintah dan masyarakat siap amankan Pemilu serentak," ujarnya.

Jumlah personil yang terlibat dalam pengamanan pemilu secara gabungan mencapai sekitar 1.230 orang. "Sudah kita siapkan pengamanan mulai dari tahapan prapemilu. Pendekatan seluruh stakeholder, koordinasi antarlembaga, berbagai latihan sudah dilaksanakan," ucapnya.

Antisipasi preemtif dan preventif juga dilakukan dengan menggelar kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD). "Upaya preemtif preventif terus ditingkatkan dari kegiatan rutin biasa untuk cipta kondisi jelang pemilu. Kerawanan kami tetap antisipasi di 13 wilayah polsek gabungan dengan jajaran kodim," tuturnya.

Antisipasi hoaks

Sementara itu, antisipasi berita hoaks dilakukan oleh Unit Cyber Crime di bawah Satreskrim Polres Cimahi. "Mereka bekerja dengan patroli di dunia siber. Kalau ada pelanggaran pidana tentu kami siap tindak tegas dan proses sesuai aturan berlaku," ucapnya.

Upaya preemtif tangkal berita hoaks juga dilakukan dengan masuk ke seluruh lapisan masyarakat. "Lakukan himbauan dan sampaikan pesan ke masyarakat, jangan mudah terpercaya berita hoaks dan antisipasi dengan tabayun atau kroscek ke sumber yang dapat dipercaya dan kompeten," katanya. 

Pihaknya mengklaim, sejauh ini belum ada kasus siber yang ditemukan di wilayah Polres Cimahi. "Kasus cyber masih nihil, tapi tetap kami pantau dan monitor perkembangannya," kata Rusdy.

Pengamanan dilakukan terhadap 7.078 TPS di wilayah hukum Polres Cimahi. "Tak hanya TPS, gedung pemerintah, objek vital, gudang logistik, KPU-Bawaslu tak luput dari pengamanan," ucapnya.

Gangguan kamtibmas yang rutin juga terus dipantau. "Tetap gangguan kamtibmas kami pantau juga, terutama wilayah Cimahi, Lembang, dan Parongpong. Kejahatan jalanan terus kami tekan juga untuk memastikan situasi selama Pemilu aman kondusif," ucap Rusdy.***

Bagikan: