Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya berawan, 18.2 ° C

Di KBB, Sekitar 20 Ribu Surat Suara Rusak

Hendro Susilo Husodo
KETUA KPU KBB Adie Saputro menunjukkan surat suara yang rusak di gudang penyimpanan surat suara, di GOR Rajawali, Padalarang, Jumat 22 Maret 2019.*/ HENDRO SUSILO/PIKIRAN RAKYAT
KETUA KPU KBB Adie Saputro menunjukkan surat suara yang rusak di gudang penyimpanan surat suara, di GOR Rajawali, Padalarang, Jumat 22 Maret 2019.*/ HENDRO SUSILO/PIKIRAN RAKYAT

NGAMPRAH, (PR).- Sekitar 20 ribu dari 6 juta surat suara di KBB dinyatakan rusak. Kerusakan itu diketahui saat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat sudah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan (sorlip) surat suara untuk Pemilu 2019.

Surat suara tersebut untuk pemilihan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat, DPRD KBB, dan presiden.

"Kami sedang merekap jumlah surat suara yang baik dan yang rusak. Namun, kami memperkirakan jumlah surat suara yang rusak itu sekitar 20 ribuan. Itu untuk semua jenis pemilihan," kata Ketua KPU KBB Adie Saputro, saat ditemui di gudang penyimpanan surat suara, di GOR Rajawali, Padalarang, Jumat 22 Maret 2019.

Menurut dia, kerusakan surat suara tersebut meliputi surat suara yang robek dan kotor, ataupun yang terdapat bercak tinta. "Ada juga surat suara yang luntur warnanya, misalkan, seharusnya merah menjadi pink. (Kerusakan) yang paling banyak memang yang ada bercak-bercak tinta di dalam surat suara," ujarnya.

Adie mengatakan, kegiatan sorlip yang melibatkan 500 warga sekitar gudang dan kantor KPU, serta 100 petugas KPU tingkat kecamatan dan desa itu dilakukan pada 8 sampai dengan 20 Maret 2019. Penyelesaian kegiatan sorlip selama 12 hari itu lebih cepat dari target selama 20 hari.

"Surat suara yang rusak ini akan kami ajukan ke KPU RI untuk kami mohonkan penggantian. Mudah-mudahan bisa secepatnya datang ke kami dan bisa kami sortir dan lipat kembali. Untuk 20 ribu surat suara, kelihatannya tidak perlu dengan masyarakat. Oleh petugas penyelenggara juga bisa selesai sehari," tuturnya.

Tidak mengganggu persiapan pemilu

Menurut dia, kerusakan sekitar 20 ribu surat suara itu tidak terlalu mengganggu persiapan pemilu yang dilakukan KPU KBB. Pasalnya, Pemilu 2019 sudah memiliki tahapan-tahapan kegiatan. Apalagi, kata dia, kegiatan sorlip memang dimaksudkan untuk mengetahui lebih dulu mana surat suara yang rusak dan tidak layak, supaya tidak sampai ke TPS.

"Setelah kegiatan sorlip ini selesai, sambil menunggu penggantian yang rusak, kami akan lakukan setting. Nanti, dari surat suara yang sudah terkategori baik, yang sudah diikat 25 surat suara per ikatan, akan kami masukan ke amplop, yang nantinya kami persiapkan untuk dimasukkan ke kotak suara, sebelum nanti dikirimkan ke PPK, PPK ke PPS, PPS ke TPS," paparnya.

Adie menambahkan, pihaknya pun masih menunggu kebutuhan logistik pemilu yang lainnya, baik untuk logistik pengganti maupun logistik yang belum datang. Logistik yang kurang itu, terang dia, di antaranya ialah bilik suara sebanyak 200 unit, dari kebutuhan sekitar 20 ribu bilik suara. ***

 

 

Bagikan: