Pikiran Rakyat
USD Jual 14.540,00 Beli 14.240,00 | Sedikit awan, 22.2 ° C

Sudah Ditambah, Kuota Mudik Gratis Kota Cimahi Ludes dalam Tiga Hari

Ririn Nur Febriani
PENDAFTARAN program mudik gratis Kota Cimahi.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR
PENDAFTARAN program mudik gratis Kota Cimahi.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Kuota layanan mudik gratis Lebaran 2019 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi ludes dalam waktu 3 hari. Meski kuota sudah ditambah dan musim mudik masih lama, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum kebagian kuota layanan gratis tersebut.

Dishub Kota Cimahi menyediakan kuota sebanyak 750 orang untuk program tersebut. Hari terakhir pendaftaran, kuota ditambah hingga 74 orang sehingga total pendaftar 824 orang.

Pantauan Pikiran Rakyat di kantor Dishub Kota Cimahi di Kompleks Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, warga terus berdatangan untuk mendaftar kegiatan mudik gratis Lebaran 2019. Mereka cukup membawa KTP-KK serta akta kelahiran atau Kartu Identitas Anak (KAI) bagi warga usia anak.

Saat kuota terpenuhi, pendaftaran pun ditutup. Namun, masih banyak warga lalu lalang ke kantor Dishub Kota Cimahi menanyakan kuota mudik gratis. "Banyak juga yang menanyakan via telefon untuk bisa mendaftar, tapi kuota sudah terpenuhi," ujar Kasi Angkutan Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang, Rabu 20 Maret 2019.

Total pendaftar mudik gratis 2019 sebanyak 824 orang, sudah bertambah dari kuota semula 750 orang. Rinciannya yaitu jalur selatan arah Solo via Yogyakarta sebanyak 765 orang dan jalur utara arah Semarang 59 orang. "Sudah ludes hanya dalam waktu 3 hari, padahal sudah kami tambah kuotanya," katanya.

Kuota mudik gratis tahun 2019 meningkat dibanding tahun lalu yang hanya memberangkatkan 603 orang. "Soal kuota ditambah, kami sesuaikan dengan anggaran yang tersedia, sebagai bukti perhatian pemerintah kepada masyarakat. Tahun lalu juga kuota sudah ditambah dan masih ada warga yang tidak terakomodasi, makanya tahun ini kami tambah lagi," katanya.

Untuk mengantisipasi warga yang tidak terakomodasi mudik gratis dari Pemkot Cimahi, pihaknya berkoordinasi dengan Dishub Pemprov Jabar. "Dengan demikian, warga Kota Cimahi yang tidak kebagian bus di Cimahi bisa ikut serta di program mudik yang disediakan Pemprov Jabar. Kami sudah arahkan agar mereka mendaftar ke Dishub Provinsi Jabar," ungkapnya.

Menurut dia, larisnya kuota mudik gratis terjadi karena masyarakat banyak kehabisan tiket moda transportasi umum terutama kereta api untuk mudik lebaran. "Kalau harus naik bus umum, mereka mengeluh harga tiketnya terlampau mahal, belum lagi tuslah lebaran, bikin anggaran mudik jadi membengkak. Ada yang ke Solo biasanya Rp 150.000 tapi kalau musim mudik bisa Rp 350.000-400.000 per orang, kasihan masyarakat. Dengan adanya mudik gratis betul-betul sangat membantu masyarakat," imbuhnya. 

Untuk program mudik gratis tahun ini, Pemkot Cimahi bakal menyiapkan sekitar 15 armada bus. Sebelum keberangkatan, Dishub Kota Cimahi bakal memastikan kelaikan kendaraan yang hendak dipakai mudik. "Kami bakal pastikan kendaraan layak jalan karena membawa masyarakat Cimahi menuju daerah masing-masing. Tentunya harapan kami mereka tiba dengan selamat," imbuhnya. 

Kegiatan ini juga menjadi upaya mengurangi kemacetan lalu lintas saat mudik sehingga masyarakat tidak perlu pakai kendaraan pribadi.  "Fasilitasi mudik gratis dilakukan untuk kurangi macet sekaligus menekan angka kecelakaan selama musim mudik berlangsung," ujarnya.***

Bagikan: