Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Umumnya cerah, 30.3 ° C

Ruang Dagang Pasar Baru Terlalu Padat

Muhammad Fikry Mauludy
Pasar Baru Trade Center.*/ADE BAYU INDRA/PR
Pasar Baru Trade Center.*/ADE BAYU INDRA/PR

BANDUNG, (PR).- Ruang berjualan yang mulai padat akibat longgarnya penataan di Pasar Baru Trade Center mulai dikeluhkan para pedagang. Area yang selama ini diwajibkan kosong bagi ruang publik hingga jalur evakuasi saat ini nyaris dipadati pedagang.

“Di depan lift itu seharusnya buat duduk, sekarang diisi buat pedagang. Di depan ekskalator kiri-kanan sudah disekat, informasinya buat pameran. Padahal harusnya fasilitas publik, jalur evakuasi. Sekarang meluas areanya. Otomatis jalan makin sempit. Mereka berbuat begitu karena sebelumnya ada contoh yang dibiarkan,” kata salah seorang pedagang, Sudirman Lawe (53), di Pasar Baru Trade Center, Selasa, 19 Maret 2019.

Pedagang yang telah berjualan di Pasar Baru sejak 36 tahun lalu itu meminta PD Pasar Bermartabat Kota Bandung selaku pengelola untuk tidak menyewakan dan menjual fasilitas umum sebagai ruang dagang. Sebelumnya, pengelola memang menyediakan ruang tengah hingga ke bagian dalam.

Di lobby utama, ruang dagang yang disediakan berkisar antara 1x1.5 meter dengan daya tampung sekitar 10 pedagang. Di sejumlah lantai berikutnya hanya bisa menampung rata-rata 4 pedagang. Akan tetapi, kata Lawe, ruang tersebut tidak bersifat permanen, maka disebut ruang pameran.

Area tersebut hanya diperbolehkan untuk memperdagangkan barang di luar komoditas yang dijual pada pedagang permanen Pasar Baru. Dengan diisi semisal produk aksesoris baru, sepeda motor, hingga telepon seluler atau produk elektronik, izin berjualan di ruang pamer hanya dibatasi dua minggu.

Pedagang mulai bereaksi karena ada dua pelanggaran, yakni beberapa area yang tidak sesuai peruntukkan jualan, serta jenis dagangan sama dengan komoditas yang ada di dalam pasar.

“Bahkan, ada yang mengobral harga. Kan pedagang permanen kebanting. Kemarin PD Pasar pernah akan membersihkan lorong-lorong jalur evakuasi, dan ruang pameran. Kita jelas meminta sesuai dengan janji untuk bisa menertibkan itu, karena PD Pasar ingin membuat Pasar Baru lebih sejuk,” ujarnya.***

Bagikan: