Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya berawan, 21.9 ° C

Ridwal Kamil Belum Akan Cuti untuk Kampanye

Novianti Nurulliah
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil.*/HUMAS PEMPROV
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil.*/HUMAS PEMPROV

BANDUNG, (PR).- Ridwan Kamil mengaku belum mengambil cuti kampanye untuk menyukseskan pasangan calon presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin jelang satu bulan pencoblosan pada 17 April 2019. Ridwan mengaku masih bisa menggunakan waktu akhir pekannya untuk melakukan kampanye. 

Ridwan Kamil pun mengaku tidak memiliki persiapan khusus dengan mengintensifkan kampanye pasangan calon nomor satu tersebut. Dia lebih banyak disibukkan menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jabar. 

"Saya mah enggak ada persiapan. (Mungkin) sangat minimalis cuman 1 persen, kalau satu minggu ada 150 jam saya paling 4 jam per 150 kan sangat kecil," ujar dia di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa, 19 Maret 2019.

Menurut dia, dengan fakta waktu yang dia sisihkan untuk kampanye mematahkan anggapan sebagian pihak yang selama ini menilai dirinya lebih banyak melakukan kampanye. Padahal faktanya tidak demikian.

"Jadi kalau ada orang mengecap saya banyak kampanye sebenarnya enggak juga. Itu karena orang membaca berita-beritanya selalu tentang politik, sedangkan berita sebagainya enggak pernah dikonsumsi sehingga persepsinya jadi keliru," tutur dia. 

Tapi intinya, lanjut Ridwan Kamil, dengan waktu yang tinggal kurang dari sebulan, dia akan tetap menjalankan tugasnya kampanye sesuai dengan aturan atau sesuai dengan prosedur. "Maka dari itu, kemarin dilaporkan ke Bawaslu juga enggak ada faktanya karena saya sudah jaga betul semua hal yang sifat (kampanye) ini sangat sesuai aturan," ujar dia. 

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengaku selalu melaksanakan kegiatan selalu taat aturan. Aturan membolehkan pejabat negara melakukan aktivitas politik di akhir pekan Sabtu Minggu. "Itu dijalankan Hari Minggu, karena sudah konsultasi secara aturan, naik mobil juga pribadi naik Kijang bukan mobil dinas,” ujarnya. 

Saat ditanya apakah akan mengajukan cuti kampanye guna mendukung pasangan Jokowi-Maruf, ia mengaku belum memiliki rencana termasuk mengampanyekan pasangan tersebut secara intensif. “Belum ada, begini saja saya mah,” ujar Ridwan Kamil.

Untuk diketahui sejumlah kepala daerah diprediksi bakal masuk ke dalam struktur tim kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Salah satu kepala daerah yang dikabarkan masuk tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin adalah Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Sejumlah kepala daerah yang berasal dari Partai Koalisi Indonesia Kerja akan terlibat dalam tim kampanye pemenangan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam pelaksanaan Pilpres 2019. Para kepala daerah itu akan masuk dalam bagian yang disebut dengan pengarah teritorial.

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding mengatakan, terdapat beberapa kepala daerah yang masuk ke dalam tim kampanye Koalisi Indonesia Kerja. Bahkan, Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan keterlibatan seluruh kepala daerah dari seluruh partai Koalisi Indonesia Kerja akan terlibat. Termasuk kepala daerah yang di luar partai, tetapi telah menyatakan dukungan kepada Jokowi.

Mereka yang akan masuk menjadi pengarah teritorial di antaranya adalah Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.***

Bagikan: