Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Sebagian berawan, 19.7 ° C

Jangan Parkir Mobil di Sisi Jalan Saat Malam Hari agar Tidak Kecurian

Ririn Nur Febriani
BARANG bukti aksi Curanmor yang salah satunya melibatkan Ucup alias si Bangkong Hejo.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR
BARANG bukti aksi Curanmor yang salah satunya melibatkan Ucup alias si Bangkong Hejo.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Aksi pencurian dengan modus pecah kaca mobil kerap terjadi di sejumlah ruas jalan Kota Cimahi. Masyarakat diminta tidak memarkir kendaraan roda empat di pinggir jalan terutama saat malam hari karena sering menjadi sasaran kejahatan.

Kapolsek Cimahi, Kompol Indarto, mengatakan, wilayah yang rawan terjadi aksi pencurian dengan modus pecah kaca tersebut kerap terjadi di daerah Cipageran karena banyak akses yang bisa memudahkan para pelaku untuk melarikan diri. "Beberapa kejadian memang kerap terjadi di daerah tersebut. Ada juga laporan kejadian pecah kaca di Jalan Pesantren," ujarnya saat ditemui di Gedung Serba Guna Hardjuno Jalan Encep Kartawirya Kota Cimahi, Kamis, 14 Maret 2019.

Atas hal tersebut, kata dia, daerah Cipageran menjadi perhatian khusus dari jajaran Polsek Cimahi. Sebab, banyak terdapat kompleks perumahan dimana penghuninya banyak memarkirkan kendaraan di pinggir jalan. "Kalau seperti itu pelaku pencurian sangat mudah untuk memetik hasilnya. Jadi otomatis skala prioritasnya kami melakukan patroli dan pola pengamanannya ke lokasi itu," ucapnya.

Dia mengimbau kepada pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan karena tidak memiliki garasi agar lebih waspada dan jangan menyimpan barang berharga di dalam mobil. "Seperti Jalan Sangkuriang, itu banyak mobil parkir di malam hari. Jangan menyimpan barang yang bisa memancing adanya pencurian dalam mobil. Meskipun enggak ada (barang berharga) dalam mobil, kalau kacanya dipecahkan kan rugi. Kalau bisa, tidak parkir kendaraan di pinggir jalan," kata Indarto.

Masyarakat juga diminta segera melapor ke aparat kepolisian apabila menjadi korban pecah kaca mobil, agar mudah mengungkap kasus yang kerap terjadi itu. "Kami akan berupaya mengungkap kasus dengan melibatkan anggota dan mengumpulkan informasi dari masyarakat agar bisa melakukan upaya preventif," jelasnya.

Untuk pencegahan terjadinya curanmor, Indarto mengklaim kerap melakukan patroli, termasuk di wilayah rawan. "Selain itu, keberadaan bhabinkamtibmas juga terus dimaksimalkan untuk melakukan pencegahan di setiap wilayah," katanya.***

Bagikan: