Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Umumnya berawan, 23.2 ° C

Antrean Truk Kembali Terjadi di TPA Sarimukti, Pengangkutan Sampah Tersendat

Cecep Wijaya Sari
TPA Sarimukti.*/DOK PR
TPA Sarimukti.*/DOK PR

NGAMPRAH, (PR).- Antrean kendaraan pengangkut sampah kembali terjadi di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Hal itu membuat pengangkutan sampah dari berbagai daerah tersendat.

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup KBB Maryati mengatakan, antrean menuju TPA sudah terjadi sejak sepekan terakhir. "Ini karena kondisi jalan memasuki TPA licin, sehingga memperlambat laju kendaraan pengangkut sampah," ujarnya, Selasa, 5 Maret 2019.

Menurut Maryati, antrean seperti itu kerap terjadi saat musim hujan lantaran kondisi medan di areal TPA licin dan becek. Meski demikian, antrean truk pengangkut sampah menuju TPA Sarimukti kali ini tidak separah sebelumnya. Tahun lalu, antrean mencapai 1 km lebih. 

Setiap hari, lanjut dia, ada ribuan ton sampah yang diangkut ke TPA Sarimukti, terdiri atas 150 ton dari KBB, 200 ton dari Cimahi, dan 1.000 ton dari Kota Bandung. Bahkan saat ini, ditambah sampah dari Kabupaten Bandung pascapenutupan TPA Babakan di Arjasari.

Dengan kondisi itu, pengangkutan sampah di beberapa titik di wilayah KBB tidak bisa dilakukan. "Seperti hari ini saja, ada permohonan tambahan pengangkutan sampah dari salah satu perusahaan, tetapi kami tolak. Karena kondisi di TPA ngantre," tuturnya.

Maryati berharap agar jalan di lokasi TPA diperbaiki, sehingga tidak terjadi lagi antrean kendaraan pengangkut sampah setiap musim hujan. Perbaikan areal TPA tersebut menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.***

Bagikan: