Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Cerah berawan, 22.4 ° C

Bobotoh dan Polres Bandung Siap Sambut Bonek

Handri Handriansyah
BONEK.*/ANTARA
BONEK.*/ANTARA

SOREANG, (PR).- Bobotoh dan Kepolisian Resor (Polres) Bandung menyiapkan transportasi dan akomodasi untuk bonek yang datang mendukung Persebaya selama berlaga pada penyisihan Grup A Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. 

Kepala Bagian Operasional Polres Bandung Komisaris Warsito mengatakan, pihaknya memfasilitasi bonek untuk menginap di dua lokasi. "Kami siapkan tempat Markas Batalyon Zeni Tempur Dayeuhkolot dan Lanud Sulaeman," ujarnya seusai Rapat Koordinasi Pengamanan Piala Presiden di Mapolres Bandung, Kamis, 28 Februari 2019. 

Untuk transportasi, Warsito juga meyakinkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan kendaraan untuk mengangkut bonek dari tempat menginap ke stadion dan sebaliknya. Namun sebagai timbal balik, bonek diharapkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama berada di Bandung.

 

Pertandingan pembuka

Terkait pengamanan acara pembukaan sendiri, Warsito melansir akan ada sekitar 2.680 personel gabungan yang diturunkan. "Jumlahnya hampir sama dengan pengamanan laga Persib sebelumnya, tetapi kami tambah 100 orang karena ada VVIP," ucapnya.

Warsito mengaku pihaknya memang belum mendapat kepastian terkait kedatangan Presiden Joko Widodo. Namun ia tetap berpegang pada rencana awal di mana Piala Presiden akan dibuka secara resmi oleh Jokowi.

Hal senada diungkapkan Panpel Persib Budi Bram. Ia tetap memastikan Jokowi akan hadir membuka Piala Presiden yang dilanjutkan laga perdana Persib vs Tira Persikabo, Sabtu, 2 Maret 2019. 

Terkait tiket, Budi kembali menegaskan bahwa pihaknya paling banyak akan mencetak 25.000 lembar. Hal itu sebagai antisipasi untuk menjaga kenyamanan bobotoh saat menonton di Stadion Si Jalak Harupat yang berkapasitas 27.000 penonton.

 

Siap menyambut bonek

Sama seperti Polres Bandung, bobotoh pun mengaku siap menyambut kedatangan bonek. "Kami akan siapkan penyambutan sejak di stasiun, karena biasanya bonek banyak yang datang naik kereta api," ujar pentolan Viking Persib Club Agus Ompong.

Menurut Agus, Viking Persib Club dan kelompok bobotoh lain pun akan ikut membantu transportasi dan sebagian kecil tempat menginap para bonek. Hal itu diakuianya memang sudah menjadi tradisi persaudaraan antara bobotoh dan bonek saat mereka saling mengunjungi daerah masing-masing. 

Sambutan tersebut mendapat apresiasi besar dari Ketua Bonek Bandung, Lasnovian Arjunoto Putra. Ia menilai selama ini bobotoh dan bonek memang selalu saling membantu ketika salah satu pihak menyaksikan partai tandang tim kebanggaan mereka tersebut.

Pria yang akrab disapa Putra itu menambahkan, dirinya belum mendapat kabar pasti tentang jumlah bonek yang akan datang ke Bandung selama helatan Piala Presiden 2019 Grup A. "Tanggal 2 Maret 2019 mungkin tidak akan terlalu banyak, saat Persib vs Persebaya 7 Maret lah kemungkinan gelombang terbesar bonek datang ke Bandung," ucapnya.***

Bagikan: