Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sedikit awan, 25.1 ° C

Dari Zayn Malik hingga Ed Sheeran, KPID Jabar Batasi Siaran Lagu Berbahasa Inggris

Novianti Nurulliah
Zayn Malik.*/TELEGRAPH
Zayn Malik.*/TELEGRAPH

BANDUNG,(PR).- Setelah sempat mengeluarkan surat edaran terhadap lagu dangdut yang dinilai berlirik melanggar norma pada 2016 lalu, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat ternyata setahun yang lalu menerbitkan Surat Edaran tentang pembatasan siaran lagu-lagu berbahasa Inggris. 

Surat tersebut ditandatangani oleh ketua KPID Jabar Dedeh Fardiah pada 18 Februari 2018 yang diduga alami kesalahan pengetikan. Pasalnya pada lembaran lagu tertulis 18 Februari 2019, di mana KPID merilis 17 judul lagu berbahasa Inggris yang dibatasi siarannya mulai pukul 22.00 hingga 03.00.

Di antaranya yaitu lagu milik Zayn Malik yang berjudul Dusk Till Down, dan Let Me. Kemudian lagu Shape Of You dari Ed Sheeran dan Makes Me Wonder.

Ketua KPID Jabar yang sampai saat ini belum bisa memberikan keterangan tersebut, dalam surat yang diterbitkan pada tahun lalu itu menyebut jika di kemudian hari dalam edaran ini terdapat kekeliruan maka akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Adapun dasar penerbitan surat tersebut terlampir sebanyak sebelas poin. Di antaranya pada poin pertama, pasal 3 Undang-undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran bahwa penyiaran diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, ail, dan sejahtera, serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia.

Poin kedua, pasal 5 huruf b Undang-undang No 32 tahun 2002 tentang penyiaran bahwa penyiaran diarahkan untuk menjaga dan meningkatkan moralitas dan nilai-bilai agama serta jatidiri bangsa.

Poin keempat, Pasal 9 peraturan KPI no 01/P/KPI/03/2012 tentang pedoman perilaku penyiaran bahwa lembaga penyiaran wajib menghormati nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku dalam masyarakat.

Poin kelima, Pasal 14 ayat (1) & (2) peraturan KPI no 01/P/KPI/03/2012 tentang pedoman perilaku penyiaran bahwa (1) lembaga penyiaran wajib memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada anak dengan menyiarkan program siaran pada waktu yang tepat sesuai dengan penggolongan program siaran dan (2) lembaga penyiaran wajib memperhatikan kepentingan anak dalam setiap aspek produksi siaran.

Dan pada poin keenam, Pasal 16 peraturan KPI no 01/P/KPI/03/2012 tentang pedoman perilaku penyiaran bahwa lembaga penyiaran wajib tunfuk pada ketentuan pelarangan dan atau pembatasan program siaran bermuatan seksual.

Selain berdasarkan regulasi, KPID pun telah menggelar rapat dengan para ahli komisi Penyiaran Indonesia Daeerah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11 Oktober 2018, dan hasil rapat pleno Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11 Februari 2019.***

Bagikan: