Pikiran Rakyat
USD Jual 14.048,00 Beli 14.146,00 | Langit umumnya cerah, 22.1 ° C

Stadion GBLA Mengkhawatirkan, Pemkot Bandung Belum Tahu Harus Bagaimana

Mochammad Iqbal Maulud
WAKIL Wali Kota Bandung Yana Mulyana (kedua kiri) melakukan peninjauan langsung ke Stadion GBLA, Kamis 14 Februari 2019.*/PRFMNEWS
WAKIL Wali Kota Bandung Yana Mulyana (kedua kiri) melakukan peninjauan langsung ke Stadion GBLA, Kamis 14 Februari 2019.*/PRFMNEWS

BANDUNG, (PR).- Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana belum tahu apa yang harus dilakukan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api meski saat peninjauan, dia melihat detail kerusakan di beberapa tempat.

"Saya hanya memastikan saja keadaan di Stadion GBLA, selebihnya saya belum tahu apa yang akan dilakukan. Hal itu bergantung kajian yang akan dilaksanakan tim independen‎," kata Yana Mulyana di Stadion GBLA, Kamis 14 Februari 2019.

Menurut Yana Mulyana, harus ada kajian teknis yang mendalam terkait bagaimana cara memperbaiki Stadion GBLA. Sehingga, untuk saat ini dia tidak bisa memutuskan apa saja yang harus dilakukan, khususnya oleh Pemerintah Kota Bandung sebagai pengelola Stadion GBLA.

"Nanti ‎keputusannya bergantung riset yang dilakukan tim independen. Tim tersebut terdiri atas Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Tata Ruang, Dinas Pekerjaan Umum, dan Polrestabes Bandung," katanya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung Dodi Ridwansyah‎.

Menurut dia, semua yang akan dilakukan untuk perbaikan Stadion GBLA masih harus menunggu keputusan tim independen. "Intinya, masih kami kaji," ucapnya.

Tim independen itu, kata Dodi Ridwansyah, sudah dibentuk beberapa waktu lalu. Namun, akan diturunkan kembali untuk menyelesaikan permasalahan di Stadion GBLA. Sehingga, permasalahan di Stadion GBLA yang pelik bisa diselesaikan.

Disinggung soal alih kelola Stadion GBLA dari Dispora ke PT Persib Bandung Bermartabat, Dodi Ridwansyah mengatakan, hal itu masih dalam proses.

"Kai sudah beberapa kali berkoordinasi dengan PT PBB tetapi keputusannya belum ada hingga saat ini, baru sebatas ngobrol," katanya.

Kondisi stadion memprihatinkan

Saat meninjau Stadion GBLA, Yana Mulyana bersama beberapa pejabat Pemerintah Kota Bandung mengelilingi stadion. Yana Mulyana bahkan sempat memeriksa keramik-keramik yang pecah.

Tak hanya itu, Yana Mulyana juga memeriksa pinggir lapangan yang kondisinya mengkhawatirkan karena di tempat tersebut terdapat banyak genangan air yang tak pantas ada di stadion sebesar GBLA.

Yana Mulyana memberi perhatian kepada salah satu lampu yang menggantung rusak di bagian stadion. Meski demikian, keadaan lapangan masih dalam kondisi yang baik tanpa kerusakan berarti.

Bagian rusak lainnya adalah aspal di luar stadion. Aspal tersebut amblas karena air yang tidak teresap, ditambah sebagaian aspal menggembung.

Di bagian luar dan tribun masih terdapat banyak sampah seperti botol dan puntung rokok. Banyaknya sampah ditambah diperparah minimnya tempat sampah.***

Bagikan: