Pikiran Rakyat
USD Jual 14.210,00 Beli 13.910,00 | Cerah berawan, 27.1 ° C

Dikhawatirkan Membahayakan, Kontraktor Sebut Stadion GBLA Tak Bermasalah

Tim Pikiran Rakyat
PERSIB berlatih di Stadion GBLA/DOK. PR
PERSIB berlatih di Stadion GBLA/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Direktur SDM dan Legal PT. Adhi Karya, Agus Karyanto mengatakan bahwa Stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api), secara prinsip serta secara struktural, tidak memiliki masalah.

Hal itu disampaikannya berkaitan dengan isu kelayakan Stadion GBLA. "Tadi pagi saya ke lapangan dan secara prinsip serta secara sturuktur, tidak ada masalah. Nanti akan dilengkapi dengan data-data dari ahli baik itu kontruksi, ahli tanah, dan lain-lain," ujarnya kepada pewarta Radio PRFM Diki Setiawan di Balai Kota Bandung, Rabu 13 Februari 2019.

Stadion GBLA dikabarkan mengalami beberapa kerusakan dan penurunan tanah. Hal itu disampaikan Polrestabes Bandung dan Dinas Tata Ruang Kota Bandung sebelum laga Persib melawan Persiwa pada leg 2 babak 32 Besar Piala Indonesia.

"Besok, Pak Wakil Wali Kota Bandung akan melakukan peninjauan langsung ke Stadion GBLA," kata Agus Karyanto.

Terkait adanya kabar penurunan tanah, Agus karyanto mengatakan bahwa ada beberapa bagian konstruksi Stadion GBLA yang tidak menggunakan pondasi dalam. Hal itu menyebabkan terjadinya penurunan tanah, dua konstruksi itu terletak di selasar dan tempat parkir.

"Ada pekerjaan (bangunan) yang menggunakan pondasi dalam dan tidak. Untuk yang tidak menggunakan pondasi, dilakukan penimbunan. Penimbunan itu sudah didesain bahwa nantinya akan ada penurunan selama 15 tahun," katanya.

"Jika yang menggunakan pondasi dalam, diharapkan tidak terjadi penurunan. Pembangunan Stadion GBLA sudah sesuai dengan prosedur bahkan pada awal penimbunan terjadi penurunan sedalam 120 cm karena ini penimbunan tinggi," katanya.

Secara profesional, PT. Adhi Karya akan melakukan beberapa hal yang mungkin harus ditindaklanjuti. Meski secara legal kontraktor sudah melakukan serah terima dengan pengelola Stadion GBLA.

Yana Mulyana gandeng pihak independen

Pemerintah Kota Bandung menginginkan Stadion GBLA dapat digunakan dengan baik dan aman. "Ada penurunan tanah. Pada dasarnya penurunan pasti ada karena lokasi di Gedebage itu karekternya rawa," ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana usai pertemuan dengan Kontraktor PT. Adhi Karya

Dalam pertemuan tersebut, kontraktor mengatakan Stadion GBLA dalam kondisi aman digunakan karena penurunan secara alami akan terjadi.

Pemkot Bandung akan melakukan peninjauan ke Stadion GBLA. Dalam peninjauan, Pemkot Bandung membutuhkan penilaian dari pihak independen selain dari kontraktor.

"Saya akan melakukan peninjauan bersama Dinas Tata Ruang, Polrestabes Bandung, Dispora, dan PUPR dalam waktu dekat. Kami akan kaji sama-sama, baru nanti setelah dilakukan pengkajian, bila ada yang harus diperbaiki secara teknis, kami perbaiki dengan orang yang berkompeten," ujarnya.***

Bagikan: