Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 22.7 ° C

Perkumpulan LGBT Terdeteksi Muncul di Majalaya, Berslogan Four-G

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI LGBT/REUTERS
ILUSTRASI LGBT/REUTERS

BANDUNG, (PR),- Perilaku LGBT kembali ditemukan di Kabupaten Bandung. Kali ini perilaku tersebut terendus di daerah Majalaya dan Paseh. Bahkan di Majalaya, perkumpulan LGBT ini punya slogan 4G atau Four-G, yang merupakan singkatan dari "Gak-Gay Gak Gaul".

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Bandung, Oki Suyatno mengatakan, pihaknya sudah mendeteksi adanya dugaan perilaku menyimpang ini dari grup Facebook. Tak tanggung-tanggung, anggotanya pun cukup banyak dan rata-rata memiliki pengikut anak muda.

"Laporan awal itu temuan dari Satpol PP Unit Majalaya, awalnya ada kumpulan anak-anak muda. Ada pola mereka bertemu di hari-hari tertentu dengan penampilan yang mengaitkan dengan komunitas LGBT," ujarnya saat on air di radio jaringan Pikiran Rakyat, PRFM, Kamis 7 Februari 2019. 

Berdasarkan pemantauan di lapangan, mereka biasanya berkumpul di tempat-tempat ramai. Di Majalaya, komunitas LGBT ini sering berkumpul di GOR KONI. Sementara di Paseh mereka berkumpul di Bukit Bintang. 

"Di Majalaya sendiri kami pantau sudah ada 10 orang. Mereka melakukan kegiatan olahraga tapi di waktu tertentu kami melihat ada perilaku tak wajar. Kalau malam-malam berduaan sesama jenis di tempat remang-remang," ucapnya. 

Karena belum memiliki bukti cukup kuat, sebagai langkah awal pihak Satpol PP melakukan tindakan preventif dengan memberikan imbauan, pembinaan dan patroli di titik-titik rawan. Jika tetap membandel dan terbukti bersalah, maka akan dilanjutkan dengan sidang tipiring atau tindak pidana ringan agar ada efek jera.

"Kami tetap lakukan pemantauan dulu. Tapi kalau sudah ada tindakan asusila bisa kami tindak. Kami amati dan awasi dulu karena mereka berkumpul di tempat publik," katanya. (Asep Yusuf Anshori/PRFM)***

Bagikan: