Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Umumnya berawan, 23.7 ° C

Masa Tugas Pj Sekda KBB Diperpanjang

Hendro Susilo Husodo
APARATUR Sipil Negara.*/DOK. PR
APARATUR Sipil Negara.*/DOK. PR

NGAMPRAH, (PR).- Satu nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat telah diusulkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menjelaskan, nama calon sekda tersebut telah diajukan sejak lama.

“Untuk sekda definitif, sekarang prosesnya tinggal menunggu surat keputusan (SK) dari Kemendagri. Saya sudah mengajukan satu nama, itu sudah lama. Jadi, sekarang ini tinggal menunggu," ujar Aa Umbara Sutisna, Rabu 23 Januari 2019.

Dengan demikian, maka Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Bandung Barat Asep Ilyas akan diperpanjang masa tugasnya. Sebelum diusulkan ke Kemendagri, menurut dia, pengajuan nama pejabat yang akan ditugasi sebagai sekda itu sudah mendapat persetujuan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara, kata dia, juga sudah ia kantongi. Meski begitu, Aa Umbara belum bersedia menyebutkan siapa sekda yang dipilih.

Aa Umbara Sutisna hanya mengatakan bahwa nama sekda yang diusulkan berinisial "A". Adapun tiga nama calon sekda yang lolos melalui proses seleksi terbuka memang seluruhnya berinisial "A".

Seperti diketahui, tiga besar calon sekda dari hasil seleksi terbuka yang dilaksanakan pada Agustus 2018 lalu adalah Agustina Piryanti, Asep Wahyu, dan Asep Sodikin. Ketiganya merupakan pejabat eselon II di Pemkab Bandung Barat.

Umbara mengatakan, pelantikan untuk sekda definitif akan segera dilakukan begitu turun SK dari Kemendagri. Dia berharap, SK dari Kemendagri tersebut akan diterima pada Januari ini. 

Meski begitu, umbara memperkirakan bahwa SK itu akan turun lebih lama dibandingkan masa tugas Pj Sekda Asep Ilyas berakhir, yakni pada 24 Januari mendatang. Oleh karena itu, masa tugas Asep Ilyas sebagai Pj Sekda akan diperpanjang hingga 15 hati ke depan. 

"Ya mudah-mudahan SK buat sekda definitif turun bulan ini. Namun, masa tugas Pj Sekda akan diperpanjang sebentar. Jadi, Pak Asep ada kewenangan yang saya tambah selama 15 hari ditambah. Berarti masih ada sekitar dua minggu lagi. Kalau dari sana sudah SK-nya, pasti dilantik yang definitif," ucapnya.

Jabatan sekda definitif di Pemkab Bandung Barat kosong selama hampir setahun, sejak Maman S Sunjaya mengundurkan diri karena ikut dalan kontestasi Pilbup Bandung Barat 2018. Sejak Maman mengundurkan diri pada Februari 2018, posisi Pj Sekda pun dijabat secara bergiliran. 

Sebelum Asep Ilyas, Pj Sekda dijabat oleh Aseng Junaedi, Wandiana, dan Wahyu Diguna.***

Bagikan: