Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Berawan, 22.1 ° C

BKN: Rekrutmen P3K untuk Honorer K2 Dimulai Februari

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI ASN.*/DOK PR
ILUSTRASI ASN.*/DOK PR

BANDUNG,(PR).- Pemerintah akan melakukan tiga rekrutmen pegawai di 2019 ini. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, menjelaskan rekrutmen ini meliputi  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan seleksi CPNS.

Mohammad Ridwan mengatakan, rekrutmen pertama adalah rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) bagi honorer K2. Rekrutmen ini terbatas, artinya hanya dikhususkan pada bidang tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian.

"Itu insya Allah akan dilaksanakan bulan Februari kalau tidak ada halangan untuk K2," ucap Mohammad Ridwan saat on air di PRFM, Rabu 23 Januari 2019.

Sedangkan rekrutmen kedua, rencananya akan digelar selepas gelaran Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan legislatif (Pileg) 2019 nanti. Adapun rekrutmen yang akan digelar adalah rekrutmen P3K umum.

"Misalnya untuk dokter spesialis, dosen dan sebagainya yang usianya lebih dari 35 tahun," ujar Ridwan.

Sedangkan rekrutmen yang ketiga adalah seleksi CPNS 2019. Untuk seleksi CPNS 2019, Ridwan mengaku belum ada waktu yang pasti, namun semua sudah disiapkan dari sekarang.

Adapun total pekerja yang akan direkrut melalui rekrutmen P3K dan CPNS 2019 diprediksi mencapai 250 ribu orang. Dimana 150 ribu untuk P3K, dan 100 ribu orang untuk CPNS.

Untuk jumlah rekrutmen P3K, tambah Ridwan, jumlah 150 ribu itu adalah jumlah maksimum. Mohammad Ridwan mengatakan, nantinya jumlah ini bisa berkurang melihat kemampuan dari masing-masing instansi maupun pemerintah daerah.

Ridwan menjelaskan, untuk proses seleksi P3K bagi honorer K2 akan tetap menggunakan sisem CAT yang dimiliki BKN. Dengan demikian, tes P3K ini hampir sama dengan sistem rekrutmen CPNS kemarin.

Jika lolos seleksi P3K, nantinya mereka akan mendapatkan kontrak 1 tahun. Namun kontrak tersebut bisa saja diperpanjang. "Kontrak mereka untuk P3K itu pertahun tapi dapat diperpanjang di peforma atau kinerjanya bagus," ucap Mohammad Ridwan.

Adapun fasilitas yang akan didapat pegawai P3K adalah jaminan hari tua, jaminan kesehatan, gaji setara dengan PNS. Hanya yang membedakan adalah pegawai P3K tidak mendapatkan jatah pensiunan.(Rifki Abdul Fahmi)***

Bagikan: