Pikiran Rakyat
USD Jual 14.288,00 Beli 13.988,00 | Sebagian cerah, 20.3 ° C

Enam Kios di Pasar Cigondewah Ludes Terbakar

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI kebakaran.*/Ist
ILUSTRASI kebakaran.*/Ist

BANDUNG, (PR).- Sebanyak enam kios pedagang di Pasar Cigondewah, Jalan Cibolerang Barat RT 3 RW 1 Kelurahan Cigondewah Rahayu, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, ludes terbakar pada Sabtu 12 Januari 2019 dini hari. Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, menyebut kebakaran itu terjadi sekitar pukul 02.45 WIB.

Tak lama berselang, kata dia, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi. Peristiwa kebakaran itu melalap enam kios berukuran 6 meter persegi milim Ujang (45) dan Lilis (50). Ferdi menjelaskan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

Namun demikian, ucap dia, sejumlah saksi di lokasi kebakaran menyatakan mendengar suara percikan api di lokasi kejadian. "Total kios yang terbakar ada 6 (unit), ada kios pedagang kopi, gorengan dan beberapa kios kosong. Karena kesigapan anggota, api tidak merambat ke kios lainnya," ujar Ferdi saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel.

Ia pun memastikan tidak ada korban dalam peristiwa ini. Sementara kerugian materi belum dapat ditaksir. 

Kobaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 05.00 WIB. Pihak Pemadam Kebakaran menurunkan 2 Unit Pancar Soreang, 1 Unit Rescue Soreang, 1 Unit Komando Kota Bandung dan 2 Unit Pancar Pos Selatan. 

Beberapa jam sebelumnya, yakni Jumat 11 Januari 2019 pukul 21.04 WIB, mess karyawan City Trans Utama di Cibiru, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung juga mengalami kebakaran hebat. Beruntung, kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Wadanru Diskar PB Kota Bandung, Totoy Yuhasmana mengungkapkan, mess tersebut biasanya dihuni sejumlah sopir, tukang las dan tukang tambal ban City Trans Utama. Saat kebakaran terjadi, mess hanya dihuni oleh satu orang tukang tambal ban saja.

"Saat kejadian sopir negatif ditempat, ada satu orang tukang tambal ban atas nama Pak Ucu," kata Totoy.

Menurut keterangan saksi, hawa mess tiba-tiba memanas. Setelah dicek, ternyata api sudah membakar salah satu ruangan. Menurut Totoy, Diskar PB Kota Bandung masih belum mengetahui penyebab kebakaran.

"Beruntung Pak Ucu segera menyelamatkan diri. Karena tidak ada alat pemadam kebakaran, api melahap seluruh bangunan," ujar dia.

Api yang membakar bangunan seluas 105 meter persegi ini berhasil dipadamkan sekira pukul 21.50 WIB, dengan menurunkan 2 unit pancar dari UPT Timur, 1 unit pancar dari Pusat, 1 unit resque dan 1 unit komando. "Alhamdulillah kami tidak menemukan kendala yang berarti sehingga api tidak merambat ke bangunan lainnya," tuturnya. (Desy Viani)***

Bagikan: