Pikiran Rakyat
USD Jual 14.311,00 Beli 14.011,00 | Sebagian berawan, 21.8 ° C

Berkas Kasus Habib Bahar bin Smith Dikembalikan ke Polda Jabar

Yedi Supriadi
HABIB Bahar Bin Ali Bin Sumaith (tengah) penuhi pemanggilan Polda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa, 18 Desember 2018.  Habib Bahar  menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda terkait laporan dugaan penganiayaan, Dugaan penganiayaan terhadap dua orang pemuda yang terjadi di Bogor  Sabtu 1 Desember 2018 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
HABIB Bahar Bin Ali Bin Sumaith (tengah) penuhi pemanggilan Polda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa, 18 Desember 2018. Habib Bahar menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda terkait laporan dugaan penganiayaan, Dugaan penganiayaan terhadap dua orang pemuda yang terjadi di Bogor Sabtu 1 Desember 2018 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Berkas perkara dugaan penganiayaan yang menyeret Habib Bahar bin Smith dikembalikan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Pihak Kejati Jabar setelah menelaah ternyata berkas yang dikirimkan belum lengkap.

Berkas kami kembalikan lagi (P19) lantaran masih ada yang perlu dilengkapi,” kata Kepala Kejati Jabar Radja Nafrizal kepada wartawan di Kejati Jabar, Jalan RE Martadinata, Kamis, 10 Januari 2019.

Kajati Jabar mengatakan, memang akhir tahun kemarin Dit Reskrimum Polda Jabar sudah melakukan penyerahan tahap pertama, yakni berkas perkara penganiyaan atas nama tersangka Bahar bin Smith.

Berkas perkara hingga kini masih di penyidik Dit Reskrimum Polda Jabar untuk dilengkapi. Jika sudah dilengkapi berkas akan diserahkan kembali ke kejaksaan, jika setelah ditelaah lengkap baru akan dilakukan  pelimpahan tahap kedua, yakni tersangka dan barang bukti (P21).

Menurut dia, hingga kini proses penyidikan masih dalam pra penuntutan (Pratut) dan belum sampai ke penuntutan. Dengan demikian pihaknya belum bisa memastikan apakah nantinya akan dilimpahkan ke pengadilan Bogor atau Bandung.

”Belum (waktu persidangan) kan in baru pratut. Jika sudah lengkap dan dinyatakan P21 baru akan dilimpahkan ke pengadilan,” ujarnya.

Sebelumnya, Habib Bahar ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan Polda Jabar dalam kasus dugaan penganiayaan dua remaja MHU (17) dan ABJ (18). Polisi menjerat BS dengan pasal berlapis yakni pasal 170 ayat (2), pasal 351 ayat (2), pasal 333 ayat (2), dan pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.***

Bagikan: