Pikiran Rakyat
USD Jual 14.235,00 Beli 13.935,00 | Berawan, 20.6 ° C

Lantik Bupati Subang dan Majalengka, Ridwan Kamil Tekankan Reformasi Integritas

Novianti Nurulliah
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil.*/ANTARA
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil.*/ANTARA

BANDUNG, (PR), - Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil menekankan pihaknya akan memberikan perlakuan khusus terhadap daerah-daerah yang kepala daerahnya tersangkut dalam kasus hukum. Pihaknya akan mendorong pemerintah daerah tersebut untuk melakukan reformasi birokrasi dan inovasi lain yang bisa menekan perilaku pelanggaran hukum dalam menjalankan roda pemerintahan.

Hal itu diungkapkam Ridwan usai melantik Bupati dan Wakil Bupati Subang Ruhimat dan Agus Masykur, serta Bupati Majalengka Karna Sobahi dan Wakilnya Tarsono Mardiana di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu, 19 Desember 2018. 

"Intinya yang sudah ada kasus hukum akan ada treatment khusus kita akan push reformasi-reformasi integritas lebih maksimal. Kita juga akan push teknologinya untuk meminimalisir modus-modus yang terjadi di wilayah-wilayah tersebut, termasuk di Subang," tutur dia. 

Terhadap kepala daerah yang baru dilantik tersebut Ridwan, menitipkan agar mereka mengawal pembangunan proyek infrastruktur yang ada di wilayah mereka yaitu Pelabuhan Patimban dan juga kawasan Bandarudara Internasional Kertajati. 

"Pesan saya, ikuti arahan provinsi, Insyaallah proyek itu memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Tidak boleh ada warga Subang yang tidak mendapat pekerjaan dengan adanya Patimban (begitupula warga Majalengka dengan BIJB nya) itu. Sehingga dalam lima tahun infrastruktur itu membawa perubahan yang signifikan," ujar dia. 

Ridwan Kamil pun meminta kepala daerah menciptakan kondusifitas menjelang Pilpres 2019. Hal itu kerap ia sampaikan pada pelantikan untuk memastikan 27 daerah tersebut akan dapat kondusifitas. 

"Jangan ada ada berita buruk, viral-viral. Subang (khususnya) kan kampung kakek saya, makam ayah di sana, saya jadi ya ada sedikit ikatan emosional dengan Subang," ucap dia. 

Selain itu, untuk Subang Ridwan pun akan menekankan terkait penanganan banjir di utara dan juga mendorong potensi pariwisata di sana yang belum maksimal.

Memulihkan mental

Bupati Subang Ruhimat mengatakan, usai adanya kasus hukum di Subang pihaknya secara bertahap akan memulihkan mental, dengan merubah sikap mental agar tidak terjadi hal hal seperti itu.

"Target 100 hari paling tidak menyangkut mental dan fisik dalam hal yang sudah kami susun dalam hal kegiatan dari masing-masing opd,  kecamatan. Kami siapkan untuk sambil fisik Infrastruktur dan sarana seperti yang kita ketahui bersama yah pertanian di antaranya," ujar dia.

Sebelumnya, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengungkapkan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk membawa kemajuan Majalengka melalui inovasi dan kolaborasi. Selain itu, khusus untuk BIJB Kertajati, Karna juga bertekad akan menghadirkan investor untuk mempercepat pengembangan bandara lengkap dengan aerocity.

“Kami mencoba mempola apa yang dijalankan oleh Pak Gubernur (Ridwan Kamil). Jadi, dengan melakukan pendekatan kolaborasi dan inovasi. Nah, inovasi-inovasi ini akan kita arahkan pada pelayanan publik,” ungkap Karna.

Inovasi tersebut seperti pelayanan pembuatan KTP. Karna mengatakan pihaknya akan jemput bola melakukan pelayanan KTP gratis melalui tiga mobil layanan yang setiap harinya akan datang ke setiap kecamatan yang ada di Majalengka.

Selain itu, inovasi lain di bidang perizinan. Karna akan mencoba menerapkan proses perizinan di Majalengka secara cepat dan terpadu. Hal lain, bidang pariwisata pun tak akan luput dari sentuhan Bupati Karna. 

“Ada yang belum kami sentuh yang bersifat original dari program adalah masalah wisata. Wisata majalengka sangat luar biasa. Hanya kesulitan kami sudah sampaikan bagaimana infrastruktur menuju destinasi wisata itu harus kami bangun tahun ini,” ujarnya.***

Bagikan: