Pikiran Rakyat
USD Jual 14.240,00 Beli 13.940,00 | Sedikit awan, 22.5 ° C

Pemkot Cimahi Luncurkan E-Lib untuk Peminjaman Buku Digital

Ririn Nur Febriani

CIMAHI, (PR).- Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi meluncurkan aplikasi perpustakaan Kota Cimahi digital bernama E-Lib Kota Cimahi. Aplikasi tersebut dapat dipakai untuk meminjam koleksi buku digital.

Peluncuran aplikasi E-Lib digelar di area Car Free Day (CFD) Kota Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Minggu 16 Desember 2018.

"Aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya berkontribusi dalam menumbuhkembangkan budaya literasi kaum milenial Kota Cimahi," ujar Kadiskominfoarpus Kota Cimahi Harjono. 

Masyarakat bisa mengunduh secara gratis melalui Playstore maupun Appstore. "Keanggotaan bisa didapat setelah melakukan registrasi ke Perpustakaan Daerah Kota Cimahi untuk mendapatkan username dan password. Setelah registrasi selesai, member atau anggota perpustakaan digital dapat meminjam buku digital," katanya.

Ada 817 judul buku yang disediakan dengan jumlah keseluruhan 8.224 buku digital. Tersedia buku dalam berbagai genre namun terutama buku fiksi dan nonfiksi atau buku pengetahuan umum.

Salah satu kelebihan dari layanan e-book ini adalah masyarakat dapat membaca dan menikmati buku digital setelah melakukan peminjaman melalui aplikasi tanpa dikenakan kuota internet. "Buku yang telah dipinjam akan terunduh pada perangkat smartphone dan masuk ke dalam e-library pengguna selama satu minggu dan akan hilang dengan sendirinya apabila peminjam tidak melakukan perpanjangan, selama pengguna tidak melakukan log out pada aplikasi," imbuhnya. 

Upaya lain dalam meningkatkan kegiatan literasi masyarakat, Pemkot Cimahi terus meningkatkan layanan di gedung Perpustakaan Daerah hingga layanan perpustakaan keliling. Mobil tersebut secara rutin diterjunkan ke tengah-tengah masyarakat dan pelajar.

Pada kesempatan ini dibuka juga Cimahi Sampeu Festival oleh Walikota Cimahi Ajay M. Priatna. Bertujuan  untuk memunculkan minat masyarakat mengembangkan pengolahan bahan baku sampeu atau singkong menjadi lebih menarik dan variasi.***

Bagikan: