Pikiran Rakyat
USD Jual 14.373,00 Beli 14.073,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

Tak Lagi Jabat Bupati Indramayu, Anna Sophana Curhat Sebuah Penyesalan

Novianti Nurulliah
Mantan Bupati Indramayu Anna Sophana/DOK HUMAS PEMPROV JABAR
Mantan Bupati Indramayu Anna Sophana/DOK HUMAS PEMPROV JABAR


BANDUNG, (PR). - Mantan Bupati Indramayu Anna Shopana mengaku lega setelah permohonan pengunduran dirinya dikabulkan oleh Kementrian Dalam Negeri.

Anna resmi diberhentikan dengan hormat dari jabatan Bupati Indramayu seiring dengan terbitnya Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32-8657 Tahun 2018 tanggal 5 Desember 2018.

"Plong. Kata Pak Gubernur wajah saya semringah," ujar Anna usai penyerahan SK pemberhentian Bupati Indramayu di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat 14 Desember 2018.

Ditegaskan istri Irianto MS Syafiuddin itu, keluarga menjadi latar belakang dia mengajukan pengunduran diri. Kendati masa tugasnya akan berakhir pada 2021 mendatang.

Diakui Anna, ia tidak bisa mengatur waktu antara keluarga dan tugas pemerintahan dan hal tersebut dia sudah pikirkan masak-masak. Terlebih sepeninggalan mendiang ibunya yang meninggal beberapa bulan lalu.

"Beberapa bulan kemarin ibu saya meninggal dan meninggalnya itu menyisakan penyesalan yang berkepanjangan. Dan bapak saya sekarang tinggal sendirian dan perlu perhatian yang optimal dan saya anak yang pertama. Saya ingin mengurus orang tua," ujar dia.

Anna telah pamit ke masyarakat Indramayu

Diakui Anna Sophana, dia sudah berpamitan kepada masyarakat Indramayu dan tokoh masyarakat di sana. Mereka memahami alasan dia menanggalkan posisinya. "Mudah-mudahan mohon doa keputusan saya ini diridai Allah," kata dia.

Usai melepas jabatannya, Anna mengaku akan tetap memberikan sumbangsih terhadap pemerintah Indramayu jika dibutuhkan.

Pelantikan Bupati Indramayu Supendi/DOK HUMAS PEMPROV JABAR

Anna pun menegaskan, tidak akan melirik  dunia politik. Dirinya murni ingin mengurus keluarga.

Di sisi lain, Anna pun berpesan pada wakilnya yang kini menjadi Plt Bupati Indramayu Supendi untuk menuntaskan program-program mereka terutama tiga hal yaitu infastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

Selain itu, pemekaran Indramayu Barat. Anna pun yakin, rekannya tersebut bisa menjalankannya dengan baik.

Selebihnya, Anna berpesan pada masyarakat Indramayu agar senantiasa menjaga kondisi Indramayu tetap kondusif dan anam. Pasalnya tugas membangun Indramayu bukan hanya tugas pemerintah semata,masyarakat pun harus ikut membangun dengan menjaga Indramayu tetap aman dan kondusif.

Wakil Bupati Indramayu harus segera diusulkan

Pemerintah Kabupaten Indramayu, sepuluh hari setelah hari ini DPRD wajib mengirimkan surat untuk mengusulkan pengangkatan wakil bupati. Sebab Supendi yang menjadi Plt Bupati resmi definitif menjadi Bupati Indramayu. Hal itu dikatakan Gubernur Jabar Mochamad Ridwan Kamil yang ditemui di kesempatan yang sama.

"Terkait pemberhentian Bu Anna, artinya sudah disetujui oleh Kermendagri. Dan kami mengucapkan terimaksih untuk segala dedikasinya selama menjadi bupati Indramayu. Kami hormati keputusan Ibu Anna dengan sepenuh hati. Ini adalah takdir yang ibu pilih. Kami mendoakan kehidupan setelah ini lebih bahagia," kata Ridwan Kamil.***

Bagikan: