Pikiran Rakyat
USD Jual 14.370,00 Beli 14.070,00 | Berawan, 22.5 ° C

Bertemu Jokowi, Mimpi Rahmat Hidayat Difabel Jago Desain Terwujud

Cecep Wijaya Sari

IMPIAN Rahmat Hidayat (25) untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo akhirnya terwujud. Penyandang disabilitas asal Kampung Ciawitali, Desa/Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat itu bertatap muka langsung dengan orang nomor satu di Indonesia pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Bekasi, 3 Desember 2018 lalu.

Sosok Rahmat yang jago membuat desain pakaian wanita itu bahkan muncul di layar lebar, disaksikan sejumlah difabel lainnya dari seluruh Indonesia. Ia pun membuatkan desain pakaian khusus untuk Jokowi dan ibu negara, Iriana Jokowi.

Kepala Dinas Sosial KBB Heri Partomo yang saat itu mendampingi Rahmat mengungkapkan, Rahmat diundang khusus oleh kementerian untuk datang ke acara tersebut. "Karena pihak kementerian juga sudah mengetahui sosok Rahmat yang viral, sehingga ia diundang khusus ke sana," ujarnya di Ngamprah, Rabu 5 Desember 2018.

Pada kesempatan itu, Rahmat menyerahkan desain pakaian untuk Jokowi yang ia buat beberapa jam sebelumnya. Jokowi pun menunjukan ekspresi senang dan mengapresiasi karya Rahmat.

Mengenai kecintaannya terhadap seni gambar, Rahmat mengaku sudah memulainya sejak usia 5 tahun. Namun, ia mulai fokus pada desain fashion sejak terinspirasi dari film drama Korea berjudul Fashion King yang ditontonnya sekitar enam tahun silam.

“Saya awalnya bisa membuat desain dibantu bibi yang pintar membuat sketsa wajah. Lalu, saya belajar autodidak membuat desain gaun, baju pengantin, dan juga busana Muslim,” tuturnya.

Saat ini, Rahmat tinggal bersama ibu dan empat adiknya di rumah panggung semipermanen. Sejak orangtuanya berpisah, Rahmat menjadi tulang punggung keluarga. Ia berjuang menopang kehidupan keluarga dengan berjualan desain-desainnya melalui media sosial.***

Bagikan: