Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya berawan, 27.8 ° C

Operasi Zebra Lodaya 2018, Polres Cimahi Kandangkan 100 Unit Sepeda Motor Pelanggar

Ririn Nur Febriani
CIMAHI, (PR).- Satlantas Polres Cimahi menyita sekitar 100 unit kendaraan yang terjaring razia selama Operasi Zebra Lodaya 2018. Dalam operasi tersebut, terdapat satu korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas.

"Kendaraan roda dua yang kita amankan ada sekitar 100 kendaraan. Rata-rata per hari ada 10 motor yang diamankan," ujar Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar, Selasa 13 November 2018.

Operasi Zebra Lodaya 2018 berlangsung selama dua pekan, sejak 31 Oktober hingga 12 November 2018. Operasi berlangsung di wilayah hukum Polres Cimahi, yakni Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

"Penyitaan sepeda motor dilakukan terutama karena pemilik kendaraan tidak dapat menunjukkan surat kepemilikan kendaraan. Sebagai bukti pelanggaran, kita sita dulu kendaraannya dan jika bisa menunjukkan STNK motor bisa diambil kembali meski sanksi tilang tetap berlaku," katanya.

Jumlah pelanggaran selama operasi mencapai sekitar 10 ribu pelanggar. Sementara korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas selama operasi zebra tahun ini mencapai satu jiwa.

"Dari keseluruhan data pelanggar, menurun sekitar 60 % dibandingkan tahun lalu yakni sekitar 17.000 pelanggaran. Untuk operasi zebra tahun ini, per harinya juga ada penurunan. Hari pertama ada 900 pelanggar, berikutnya mulai turun. Untuk korban jiwa, ada satu orang meninggal dunia," tuturnya.

Pelanggaran yang paling mendominasi terutama kendaraan roda dua. Diantaranya tak mengenakan helm, pengemudi usia anak di bawah umur, tidak dilengkapi dengan kaca spion, tidak memiliki SIM-STNK, dan pelanggaran lainnya.

Faktor cuaca juga mempengaruhi pelaksanaan operasi. "Sering hujan membuat operasi juga agak terhambat," ucapnya.

Dikatakannya, dalam OZL tahun ini, pihaknya juga mencoba menjangkau daerah-daerah yang selama ini jarang tersentuh operasi. Pasalnya, di daerah yang jarang terjangkau masih banyak pengguna kendaraan yang menyepelekan aturan berlalu lintas.

"Tahun kemarin kami banyaknya di pusat kota. Namun tahun ini kami juga pendekatan ke daerah yang sering terjadi lakalantas. Operasi bukan hanya dalam kota, tapi di daerah-daerah seperti Cipatat, Padalarang, Cikalong Wetan, Cililin, dan Cisarua," ujarnya.

Pihaknya juga sempat menyita kendaraan motor gede karena tidak dapat menunjukkan surat-surat kendaraan. Kendaraan moge terjaring razia saat konvoi melintasi kawasan Cilember dari arah Bandung menuju Padalarang. Belasan moge dengan plat nomor luar kota tersebut langsung diberhentikan personil Satlantas Polres Cimahi karena terlihat atribut kendaraan tidak lengkap seperti tidak memasang plat nomor dan sebagainya. "Semua penindakan terhadap pelanggaran sama," katanya.

Duddy berharap, dengan adanya pelaksanaan operasi tersebut masyarakat lebih menyadari akan pentingnya tertib lalu lintas. Selain tentunya dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

"Mudah-mudahan ke depan, masyarakat bisa patuh, bukan karena hanya karena ada polisi maupun saat operasi zebra. Namun yang kita harapkan adalah kepatuhan dari masyarakat atas kesadaran sendiri demi keamanan dan keselamatan berlalu lintas," tuturnya.***
Bagikan: