Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 31.2 ° C

Porda Jabar 2018, Bupati Bandung Janjikan Bonus Rp 50 Juta

Handri Handriansyah

SOREANG, (PR).- Bupati Bandung Dadang M. Naser menjanjikan bonus hingga Rp 50 juta untuk atlet Kabupaten Bandung yang meraih medali emas di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII 2018 di Kabupaten Bogor. Jumlah itu naik persen dibandingkan dengan Porda XII 2014 yang hanya Rp 30 juta.

Dadang menegaskan, bonus tersebut merupakan bukti bahwa Pemkab Bandung tak pernah surut memberikan dukungan dalam pembinaan olahraga. "Namun kejar dulu prestasi, jangan berpikir bonus. Prestasi yang baik akan menjamin karir di level yang lebih tinggi," katanya seusai melepas kontingen Porda XIII Kabupaten Bandung di Gedung Dewi Sartika, Soreang, Jumat 28 September 2018.

Menurut Dadang, Kabupaten Bandung baru mampu mencapai 10 besar di Porda 2014. Oleh karena itu ia berharap tahun ini Kontingen Sabilulungan bisa merangkak setidaknya ke posisi 5 besat. Di sisi lain Dadang berharap KONI Kabupaten Bandung bisa mempertahankan para atlet potensial seusai Porda 2018. Jangan sampai ada lagi atlet Kabupaten Bandung yang hengkang ke daerah lain.

Dadang mengakui, KONI Kabupaten Bandung sempat terpuruk akibat tersandung sejumlah kasus. Namun setelah berbagai upaya perbaikan yang dilakukan, sekarang saatnya KONI Kabupaten Bandung bangkit. "Yang utama adalah terapkan manajemen keuangan yang baik dan transparan. Jangan sampai hak atlet tidak tersampaikan," tutur Dadang. Apalagi, ujar Dadang, Pemkab Bandung sudah akan memulai kembali pembinaan olahraga secafa intensif. Hal itu tak lepas dari infrastruktur yang sangat mumpuni.

Seperti diketahui, Dadang mendapat penghargaan sebagai salah satu kepala daerah terbaik yang mampu membina olahraga di wilayahnya pada peringatan Hari Olahraga Nasional beberapa waktu lalu. Penghargaan itu diraih berkat upaya Pemkab Bandung dalam menyediakan fasilitas olahraga bertaraf internasional di komplek Stadion Si Jalak Harupat. "Sarana dan prasarana sekarang sudah bagus. Saatnya mencetak atlet-atlet andal. Kami ingin di Si Jalak Harupat nanti ada berbagai akademi cabor dan pengurus cabor memiliki sekretariat di sana semua," ujar Dadang.

Target emas



Sementara itu Ketua Umum KONI Kabupaten Bandung Herda M. Ghani mengatakan, pihaknya memproyeksikan bisa meraih 40-50 medali emas di Porda 2018. Target itu cukup realistis dengan melihat hasil babak kualifikasi.

Menurut Herda, jumlah itu sudah cukup untuk membawa Kabupaten Bandung masuk 5 Besar. "Saya yakin perolehan medali di Porda kali ini akan jomplang. Artinya juara umum akan meraih medali dalam jumlah sangat besar, sedangkan runner up dan posisi selanjutnya akan berbeda jauh," katanya.

Optimisme serupa diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung yang juga Ketua Kontingen Porda XIII Kabupaten Bandung, Slamet Mulyana. "Saya yakin kita bisa meraih prestasi yang lebih baik dari Porda sebelumnya," katanya

Slamet mengatakan, Kabupaten Bandung memiliki sejumlah atlet andalan yang berpotensi meraih medali di cabor beladiri, hoki, sofbol, panahan dan angkat besi. Total kekuatan kontingen Kabupaten Bandung sendiri mencapai 653 atlet yang turun di 43 dari 44 cabor yang dipertandingkan.***

Bagikan: