Pikiran Rakyat
USD Jual 14.325,00 Beli 14.025,00 | Umumnya berawan, 28 ° C

Bawaslu Cimahi Temukan 1.098 Pemilih Ganda

Ririn Nur Febriani

CIMAHI, (PR).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cimahi menemukan 1.098 pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Data tersebut harus segera diverifikasi ulang agar bisa direduksi pada DPT. 

Ketua Bawaslu Kota Cimahi Jusapuandy mengatakan, indikasi data pemilih ganda tersebut didapat setelah melakukan penelitian data DPT yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi dalam bentuk Excel yang dikonversi ke PDF.

"Setelah kita mendapatkan (data DPT -red) Excel dalam bentuk PDF, kita cermati dan terindikasi sekitar 1.098 pemilih ganda," katanya, Kamis 13 September 2018.

Data ganda yang ditemukan Bawaslu Kota Cimahi terbagi ke dalam tiga jenis. Pertama, 168 ganda Nomor Induk Kependudukan (NIK), 528 ganda pada NIK dan nama, serta 402 ganda pada NIK, nama dan tempat tanggal lahir. "Total DPT saat pleno ada 374.645 orang. 185.521, laki-laki 189.114 pemilih," kata Jusapuandy.

Dikatakannya, Bawaslu Kota Cimahi sudah menyerahkan temuan indikasi data ganda tersebut kepada KPU Kota Cimahi. Pihaknya meminta KPU Kota Cimahi melakukan verifikasi ulang. "Kita beri rekomendasi supaya itu dicermati kembali. Diverifikasi lagi ke lapangan," katanya.

Ditegaskannya, jika hasil verifikasi ulang KPU Kota Cimahi menyatakan benar ada data yang ganda, maka kelebihan data tersebut otomatis harus dicoret dari DPT.

Verifikasi ulang



Sementara itu, KPU Kota Cimahi mengakui, telah menerima laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat dan Kota Cimahi perihal temuan pemilih ganda pada Pemilu 2019. Dari Bawaslu Kota Cimahi, pihaknya menemukan 1.098 data ganda dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sedangkan dari Bawaslu Jawa Barat, KPU Kota Cimahi menerima 148 data ganda.

Ketua KPU Kota Cimahi, Dadan Rivai Fadilah mengatakan, setelah menerima laporan DPT ganda, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan PPK/PPS agar segera melakukan verifikasi ulang di lapangan. "Kami sudah sampaikan data kepada PPK/PPS untuk langsung diverifikasi ke lapangan kegandaan tersebut," kata Dadan. Kemudian, data ganda pemilih tersebut juga akan disampaikan kepada semua partai politik (parpol) di Kota Cimahi.

"Saat koordinasi dengan parpol, akan kami sampaikan langsung," ujarnya.

KPU Kota Cimahi menargetkan, permasalahan data ganda tersebut harus selesai segera. "Data pemilih harus kita rekap kembali," tandasnya.***

Bagikan: