Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan, 21.6 ° C

Ridwan Kamil Berkenalan dengan Wartawan Gedung Sate Bandung

BANDUNG, (PR).- Mengawali kerja pertamanya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terlebih dahulu berkenalan dengan para wartawan dari berbagai media yang bermarkas di Gedung Sate. Pada pertemuan pertama ini, Emil, sapaan akrabnya, diajak main band oleh Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Gedung Sate.

Suasana cair memang mewarnai pertemuan perdana Emil dengan Wartawan Pokja Gedung Sate yang berjumlah 70 orang ini. Rekan-rekan wartawan ini lah yang akan mengawal setiap kegiatan Gubernur periode 2018-2023 tersebut.

Menurut Emil, pemerintah harus menjalin mitra yang baik dengan media. Untuk itu dibutuhkan komunikasi dan hubungan yang harmonis agar seluruh kegiatan maupun kebijakannya dalam pembangunan di Jabar terinformasikan dengan baik kepada masyarakat.

"Senang berkenalan dengan wartawan, ini hari pertama dan saya bilang kemarin prioritas ke wartawan dulu," ujar Emil, Jumat 7 September 2018, di Gedung Sate.

Di hadapan para wartawan, Emil menceritakan karakter dan kebiasaan dirinya. Menurutnya, setiap Gubernur memiliki gaya yang berbeda-beda. Untuk itu ia berharap para wartawan dapat menyesuaikan dengan gaya kebiasaannya. Emil pun mengaku kooperatif terhadap wartawan dan siap kapanpun untuk diwawancara.

"Setiap pemimpin karakternya kan berbeda-beda saya harap wartawan bisa menyesuaikan. Dulu saat di Pemkot saya selalu kooperatif dengan wartawan, tidak susah untuk diwawancara," ungkapnya.

Dalam perbincangan hangat itu, Emil pun sempat menyarankan agar kantor Pokja wartawan pindah ke ruangan lain karena dinilai terlalu sempit. Namun Ia menyerahkan sepenuhnya keputusan pindah ruangan tersebut kepada para wartawan.

"Ruangannya terlalu sempit bagaimana kalau pindah? Tapi saya cuma menawarkan kalau nyaman ya sudah disini saja, kalau tidak mari kita cari ruangan lain," tawarnya.

"Prinsipnya saya tak akan mengubah apapun yg sudah nyaman," tambahnya.

Sementara itu, ketua Pokja wartawan Gedung Sate, Agus Hermawan mengungkapkan, semua awak medianya selalu bermitra baik dengan setiap Gubernur.

"Kita selalu bermitra baik dengan Gubernur-gubernur pendahulu seperti dengan Pak Iriawan, Pak Aher, Pak Demiz. Kami pun siap membantu bapak dalam membangun Jabar," kata Agus.

Ia mengungkapkan, koordinasi dengan bagian Humas pun berjalan baik selama ini, terutama mengenai informasi kegiatan Gubernur dan bahan-bahan untuk pemberitaan.

"Tim Humas sering mengundang kami untuk mendampingi kegiatan Bapak," ujarnya.

Diluar kegiatan jurnalistiknya, untuk menjalin keakraban antar sesama awak media dan bagian Humas, mereka sering mengisinya dengan aktivitas seperti futsal, pengajian sampai membentuk grup band.

"Mudah-mudahan ke depan Bapak bisa ikut main band bersama kami," seloroh Agus kepada Emil.***
Bagikan: