Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 24.2 ° C

Ridwan Kamil Mimpikan Gawai Buatan Jawa Barat

Siska Nirmala (error)
GUBERNUR dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan  saat acara serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 6 September 2018. Keduannya akan memimpin Jawa Barat dengan masa jabatan 2018-2023.*
GUBERNUR dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan saat acara serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 6 September 2018. Keduannya akan memimpin Jawa Barat dengan masa jabatan 2018-2023.*

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memimpikan suatu hari sumber daya manusia asal Tanah Pasundan bisa menciptakan teknologi seperti telepon seluler atau gawai buatan sendiri.

"Engga perlu yang aneh-aneh. Cukup Hape (handphone) buatan Jabar. Pirage (cuma) HP masa engga bisa?," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Kamis, 6 September 2018, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku iri dengan negara-negara maju seperti Jerman, China, maupun Jepang yang mampu menciptakan dan menggunakan teknologi buatan sendiri.

Menurut dia, teknologi bangsa asing semakin berkembang karena masyarakatnya bangga menggunakan hasil karya anak bangsa sendiri.

"Sampai saat ini saya tidak menemukan buatan Indonesia yang melekat. Lalu, apa yang bisa kita banggakan?," katanya.

Emil menilai kehadiran gawai buatan Jabar akan memiliki arti penting untuk membangkitkan semangat dan kebanggaan bangsa terutama masyarakat Pasundan.

Selain itu, gawai bisa mengubah pola perilaku dan membantu masyarakat di daerah dalam berkomunikasi maupun pemanfaatannya untuk berdagang.

"Dengan handphone saya akan merevolusi cara komunikasi, berdagang, dan sebagainya," kata dia.

Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, tiba ke Gedung Sate untuk mengikuti prosesi serah terima jabatan dengan diiringi lengser, atau sosok penyambut dalam tradisi Sunda.

Ridwan Kamil bersama Uu tiba di Gedung Sate sekitar pukul 09.15 WIB masing-masing didampingi istrinya.Ridwan Kamil terlihat datang bersama istri, Atalia Kamil, beserta kedua anaknya, sementara Uu hadir bersama istri Lina Marlina.

Saat tiba di Gedung Sate, Emil dan Uu disambut Penjabat Gubernur Jabar M. Iriawan dan Sekretaris Daerah, Iwa Karniwa. Mereka kemudian berjalan kaki menuju podium yang ada di depan halaman Gedung Sate.

Dalam acara pelantikan ini turut hadir sejumlah pimpinan kabupaten/kota, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman, serta tokoh Jawa Barat seperti Solihin GP hingga Popong Otje Djundjunan.

Bagikan: