Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 21.6 ° C

Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar Ikut Sukseskan Pemecahan Rekor Muri Senam Gemu Famire

Ririn Nur Febriani

CIMAHI, (PR).- Jajaran Kodam III/Siliwangi bersama Polda Jabar ikut berpartisipasi dalam pemecahan senam atau tarian Gemu Famire dengan jumlah peserta terbanyak, Selasa 4 September 2018. Kegiatan ini dicatatkan Museum Rekor Indonesia atau Muri oleh TNI karena serentak berlangsung dalam waktu yang sama secara nasional.

Gelaran yang diadakan Kodam III/Siliwangi  berlangsung di Lapangan Brigif 15 Kujang II Jalan Kebon Rumput Kota Cimahi. Di wilayah korem jajaran Kodam III/Siliwangi turut digelar kegiatan serupa.

Kegiatan senam berlangsung pukul 7.00 WIB. Dalam melakukan tari Gemu Famire, para peserta menggunakan seragam olahraga angkatan masing-masing baik TNI maupun Polri. 

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto ikut serta menari Gemu Famira ditengah-tengah peserta.

Sebelum memulai tari Gemu Famire, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama dengan Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto menyapa anggota TNI-Polri melalui video conference yang ikut memeriahkan rekor dunia Muri di seluruh Indonesia.

"Mari sama-sama hari ini memecahkan rekor tari Gemu Famire. Kegiatan ini dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya Indonesia, mari sukseskan gemu famire," ujarnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan, kegiatan dilakukan di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI ke-73. "Di sini kita berkumpul bersama anggota TNI-Polri-PNS jajaran hingga Persit mengikuti Senam Gemu Famire mencapai 15.335 orang. Sangat kagum dan bangga karena antusias peserta yang sangat luar biasa," ujarnya.

Target peserta senam untuk pemecahan rekor Muri di wilayah Kodam III/Siliwangi mencapai  34.745 peserta. Pelaksanaan senam Gemu Famire di Kodam III Siliwangi tersebar di enam titik. 

PNS dan pramuka pun ikut andil



Sebanyak 346.829 peserta yang terdiri dari TNI, pegawai negeri sipil di lingkungan TNI, Dharma Pertiwi, Pramuka dan siswa binaan TNI meramaikan acara senam tersebut di seluruh Indonesia. 

"Kegiatan ini juga digelar serentak secara nasional memecahkan rekor Muri Tari Gemu Famire dalam rangka HUT TNI Ke-73, juga sambil merayakan euforia kemenangan para Atlet nasional Indonesia di ajang Asian Games 2018 kemarin," katanya.

Atas pelaksanaan senam tersebut, TNI dinyatakan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia dengan melakukan senam di tiga zona waktu Indonesia secara serentak. CEO Muri Jaya Suprana hadir menyerahkan langsung sertifikat pemecahan rekor kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur. Tari Gemu Famire ini bukan hanya memecahkan rekor Muri tetapi juga rekor dunia. Pasalnya hal ini baru kali pertama digelar Tari Gemu Famire dengan jumlah terbanyak.

Tarian Gemu Famire diangkat dalam kegiatan ini sebagai upaya  mengangkat tari khas daerah. Gemu Famire atau dikenal juga dengan nama Maumere merupakan lagu daerah dari Nusa Tenggara Timur yang diciptakan Frans Cornelis Dian Bunda alias Nyong Franco pada tahun 2011. Lagu ini menjadi populer semenjak diunggah ke media sosial dan menjadi fenomena digemari masyarakat sebagai pengiring senam dengan gerakan enerjik.

"Memperkenalkan kearifan lokal sekaligus memelihara tradisi kebudayaan Indonesia yang beragam," ucapnya.

Tak hanya dalam kegiatan ini, tarian Gemu Famire juga sering digelar dalam berbagai kesempatan. "Senam ini sudah merupakan kegiatan rutin. Biasanya selesai olahraga kita melakukan senam ini, harus kembali menggiatkan olahraga, jadi memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Itu harus kembali kita gaungkan dengan demikian akan dapat tercipta pula di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa sehat," ucapnya.

Apalagi, dalam kegiatan tersebut langsung terlibat jajaran TNI-Polri berbagai angkatan. "Harapannya kita menjalin keakraban dan kebersamaan dengan anggota TNI-Polri sambil refreshing dalam bertugas," ucapnya.***

Bagikan: