Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 22.7 ° C

Menyaksikan Perubahan Wajah Bandung dalam Bingkai Foto

Ade Bayu Indra

BANDUNG bukan sekadar kota bagi para penghuninya. Dalam setiap masanya, Bandung banyak melakukan perubahan. Meski belum sempurna,  lima tahun terakhir ini merupakan momen ketika perubahan itu sangat menggeliat.

Yang kasatmata tentu saja pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang mampu memberikan ­manfaat dan terasa oleh warganya.

Selama beberapa tahun ini, perubahan sempat diabadikan dalam jepretan kamera ­sehingga bisa saya ­bandingkan perbedaannya dengan kondisi sekarang.

Akan tetapi, ada beberapa tempat yang tidak bisa dibandingkan karena hasil jepretannya ikut terbakar saat Kantor Redaksi Pikiran Rakyat terbakar pada 2014 lalu.

Kehilangan data foto seperti kehilangan beberapa keping puzzle sehingga kami tidak bisa mengeluarkan isi kepala secara utuh. Ada garis yang hilang.

Setelah beberapa pekan kami membuka-buka berkas foto yang tersisa. Terkumpullah sedikit cerita dari perubahan di Kota Bandung mulai dari revitali­sasi Sungai Rancacili hingga pembangun­an Gedung Sarinah yang bersejarah.

Selain ­pembangunan, ada beberapa perubahan dan perbaikan yang kami masukkan sedikit ke alur ­cerita ”Bandung dalam Bingkai” ini. Hanya sedikit gambaran bahwa Pemkot Bandung tidak hanya membangun, tetapi juga berupaya supaya ­esuatu yang ada itu terus terasa dengan menjaga dan melakukan ­perawatan.***

Revitalisasi Sungai Rancacili.*

Bagikan: