Pikiran Rakyat
USD Jual 14.240,00 Beli 13.940,00 | Sedikit awan, 23.6 ° C

Pawai Meriah Disiapkan untuk Peralihan Wali Kota Bandung dari Ridwan Kamil ke Oded M Danial 

Muhammad Fikry Mauludy
SEJUMLAH Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Bandung berlatih upacara bendera di lapangan Balai Kota di Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Jumat 31 Agustus 2018. Pemerintah Kota Bandung mulai mempersiapkan pergantian kepemimpinan di Kota Bandung yang direncanakan akan berlangsung meriah.*
SEJUMLAH Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Bandung berlatih upacara bendera di lapangan Balai Kota di Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Jumat 31 Agustus 2018. Pemerintah Kota Bandung mulai mempersiapkan pergantian kepemimpinan di Kota Bandung yang direncanakan akan berlangsung meriah.*

BANDUNG, (PR).- Prosesi pergantian kepemimpinan di Kota Bandung dari Ridwan Kamil kepada Oded M Danial direncanakan akan berlangsung meriah. Pemerintah Kota Bandung mulai mempersiapkan pawai yang diisi sejumlah atraksi seni dan budaya.

“Nanti akan ada simbolis penyerahan kunci kota dari Kang Emil ke Mang Oded di Balai Kota Bandung,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Kaniasari, di Bandung, Jumat 31 Agustus 2018.

Seperti diketahui, masa jabatan pasangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial akan berakhir pada 16 September 2018 mendatang. Pada Pilkada Serentak 2018 beberapa bulan lalu, keduanya ditetapkan sebagai pemenang.

Ridwan akan menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, sementara Oded akan menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Ridwan akan dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat tepat sehari setelah masa jabatan wali kotanya berakhir. Pelantikan gubernur rencananya dilaksanakan pada 17 September 2018, di Istana Negara, Jakarta.

Sementara Oded akan dilantik oleh Ridwan Kamil pada 20 September 2018, di Gedung Merdeka, Kota Bandung, bersama lima kepala daerah tingkat II terpilih lainnya di Jawa Barat. Prosesi pelantikan kepala daerah tingkat II akan dilaksanakan di Gedung Merdeka, Bandung.

 

Jadwal pawai pergantian wali kota Bandung yang meriah



Pada hari pelantikan Ridwan Kamil dan Oded M Danial, seluruh kepala daerah akan memulai aktivitas dari Hotel Homann pada pukul 08.00 WIB. Lalu, mereka akan melakukan Historical Walk (perjalanan bersejarah) di ruas Jalan Asia-Afrika menuju gedung pelantikan yang berkapasitas 1.000 orang itu.

Seusai pelantikan, para kepala daerah akan diarak menggunakan kereta kencana mengelilingi Kota Bandung hingga ke Gedung Sate, diikuti oleh bus wisata Bandros (Bandung Tour on Bus). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan 7 kereta kencana dan 8 unit Bandros.

Selain itu, Disbudpar Kota Bandung juga menyiapkan seremonial khusus untuk mengantarkan Ridwan ke Gedung Sate dan menyambut Oded di Balai Kota Bandung. Seremonial bertema “Jajap Ka Jabar” itu akan dilaksanakan pada 22 September 2018.

Berbagai atraksi seni dan budaya khas Kota Bandung serta gabungan dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat akan meramaikan acara besar itu. Dalam helaran itu, kata Kenny, Ridwan dan Oded juga akan mengikuti pawai dari Pendopo, melewati sejumlah titik pembangunan infrastruktur yang dibangun pada masa kepemimpinan mereka, menuju ke Balai Kota Bandung, dan berakhir di Gedung Sate.

“Acara akan ditutup dengan Car Free Night di depan Gedung Sate,” ujar Kenny.

Kepala Bagian Pemerintahan Umum Anton Sugiana telah mengatur skema pelantikan dan peralihan jabatan. Menghadapi peristiwa bersejarah itu, seluruh pimpinan perangkat daerah di Kota Bandung mulai mempersiapkan diri.

“Nanti bukan hanya pelantikan wali kota dan wakil wali kota saja, tetapi juga akan ada pejabat peralihan. Apakah itu Plh atau Pj selama 4 hari masa kekosongan dari 16-20 September 2018,” kata Anton.***

Bagikan: