Pikiran Rakyat
USD Jual 14.503,00 Beli 14.405,00 | Umumnya berawan, 23.9 ° C

Dalam Sepekan, 24 Pelaku Kejahatan Jalanan Ditangkap

Joko Pambudi

BANDUNG, (PR).- Dalam kurun waktu sekitar satu pekan, jajaran Polrestabes Bandung menangkap sedikitnya 24 pelaku kejahatan jalanan. Mereka terkait dengan sejumlah tindak kriminalitas di antaranya pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan hingga pencurian kendaraan bermotor.

"Ada 24 pelaku kejahatan jalanan yang berhasil kita amankan. Para pelaku ini diketahui merupakan pelaku curat, curas dan curanmor," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema didampingi Kasat Reskrim AKBP Yoris Marzuki, di Mapolrestabes Bandung, Senin, 27 Agustus 2018.

Dia mengatakan, pengungkapan ini dilakukan sejak 17 hingga 24 Agustus silam. Jajaran Polrestabes Bandung beserta seluruh polsek menangkap para pelaku. Secara keseluruhan, ditangkap 24 tersangka dengan tindak pidana pencurian dengan pemberatan 1 tersangka, 13 tersangka pencurian dengan kekerasan, serta 10 pencurian kendaraan bermotor.

Bersamaan dengan penangkapan tersebut, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti, baik sebagai alat kejahatan maupun hasil kejahatan. Barang bukti yang dimaksud di antaranya 13 sepeda motor, 7 ponsel, 5 kunci astag, 2 tas selempang serta 1 kalung emas.

Mengenai modus operandi, para pelaku ini di antaranya merampas barang secara paksa dari korban. Beberapa pelaku juga membawa senjata untuk mengancam hingga melukai korban. 

Dilihat dari usia, Irman menambahkan, sebagian besar penjahat jalanan ini tergolong usia produktif. Tindak pidana dilakukan dengan motif ekonomi.

"Pelaku ini kebanyakan usia produktif. Ada yang lulus SMP, SMA, bahkan ada yang masih kuliah. Saya tanya, motifnya ekonomi," kata Irman.

Meresahkan



Pengungkapan ini sekaligus menjadi respons atas maraknya kejahatan jalanan. Dalam satu pekan terakhir, terjadi sejumlah kejahatan jalanan di sejumlah lokasi di Kota Bandung yang cenderung meresahkan. Kejadian berlangsung tidak hanya terjadi pada dini hari ketika sepi, tapi juga siang hari saat situasi tengah ramai.

Pada kasus pencurian di Jalan Jakarta misalnya, pelaku membawa benda yang diduga merupakan senjata api. Ketika itu, dua orang pemuda yang tengah berboncengan dipepet sekelompok orang. Salah seorang korban sempat dipukul hingga mengalami luka di bagian pelipis. Pelaku kemudian membawa lari sepeda motor korban.

Beberapa jam berselang, perampasan sepeda motor juga terjadi tak jauh dari Mapolrestabes. Pengemudi sepeda motor ditendang orang tidak dikenal di dekat Taman Vanda. Setelah korban terjatuh, pelaku selanjutnya melarikan sepeda motor korban. Untuk kasus ini, kedua pelaku sudah ditangkap.

Pada kasus lainnya, kejahatan terjadi saat siang hari di persimpangan Jalan Aceh-Jalan Lombok. Korban perempuan berinisial M (21)1 tercatat warga negara asing asal Korea Selatan yang tengah berkunjung ke Bandung bersama rombongan. Ketika itu dia tengah berjalan kaki, didekati pelaku yang diduga berjumlah dua orang dengan menggunakan satu sepeda motor. Pelaku merampas ponsel yang dibawa korban, kemudian melarikan diri saat lalu lintas cenderung ramai.

Berkaitan dengan antisipasi, dia mengatakan, upaya dilakukan terus dilakukan dengan meningkatkan patroli di lokasi maupun waktu yang terbilang rawan. Penyelidikan serta pengejaran pelaku juga dilakukan untuk menuntaskan kasus yang belum terungkap.***

Bagikan: