Pikiran Rakyat
USD Jual 14.619,00 Beli 14.521,00 | Badai petir, 21.1 ° C

Iriawan Ingin Inovasi Teknologi Tepat Guna Diterapkan Masyarakat

Gelar Teknologi Tepat Guna VIII Tingkat Jabar di Lapangan Kantor Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat.*

NGAMPRAH, (PR).- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan menginginkan karya inovasi teknologi tepat guna dapat diterapkan oleh masyarakat di seluruh Jabar.

Iriawan mencontohkan inovasi teknologi tepat guna hasil karya masyarakat desa di Kabupaten Indramayu yaitu alat pemberi pakan otomatis tanpa mesin, mampu mengurangi ongkos kerja pada budidaya perikanan. Alat pakan ternak mandiri yang sangat sederhana ini bahkan merupakan satu-satunya di dunia.

"Ini harus diaplikasikan masyarakat Jabar ya karena potensi perikanan kita sangat besar, alatnya murah tapi manfaatnya besar," kata Iriawan saat membuka Gelar Teknologi Tepat Guna VIII Tingkat Jabar di Lapangan Kantor Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat.

Alat pakan ternak mandiri tersebut hanyalah satu dari puluhan inovasi terbaik yang ditampilkan pada gelar tersebut. Namun tim penilai gelar TTG yang berasal dari LIPI dan BP2D Jabar memutuskannya sebagai juara I inovasi TTG.

Juara II diraih oleh inovasi kompor air dari Kabupaten Bandung dan juara III dari Kabupaten Bandung Barat dengan inovasi mesin pematang multi produk. Pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan uang stimulus dari Rp 17 juta sampai Rp 25 Juta.

Teknologi tepat guna adalah inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi. Melalui gelar TTG ini, Iriawan berharap akan mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dalam hal TTG.

"Gelar ini untuk memotivasi masyakat khususnya di desa untuk terus berkarya," ucapnya.***

Bagikan: