Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Umumnya berawan, 19.9 ° C

H+3 Lebaran, Lalu Lintas Lembang dan Padalarang Ramai Lancar

Cecep Wijaya Sari
POLISI menjaga menutup jalan saat diberlakukan sistem buka tutup jalan satu arah atau one way saat terjadi kemacetan di Jalan Raya Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 16 Juni 2018.*
POLISI menjaga menutup jalan saat diberlakukan sistem buka tutup jalan satu arah atau one way saat terjadi kemacetan di Jalan Raya Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 16 Juni 2018.*

NGAMPRAH, (PR).- Tiga hari setelah Lebaran (H+3), Senin 18 Juni 2018, arus balik di Jalan Raya Padalarang dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat belum mengalami peningkatan signifikan. Lalu lintas di jalur penghubung Bandung-Cianjur itu terpantau ramai lancar.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat di Posko Padalarang, sejak pukul 8.00-14.00 Senin ini, tercatat 26.810 kendaraan. Jumlah itu terdiri atas 18.165 kendaraan yang mengarah ke barat (Cianjur) dan 8.645 kendaraan mengarah ke timur (Bandung).

Sementara di Lembang, tercatat 20.480 kendaraan, terdiri atas 8.722 kendaraan arah Bandung dan 11.759 arah Lembang.

"Belum ada peningkatan untuk arus bali Lebaran. Arah timur ke barat di Padalarang terpantau ramai lancar," ujar Ira, petugas Dinas Perhubungan di Posko Padalarang, Senin 18 Juni 2018.

Dia mengungkapkan, arus lalu lintas mengalami peningkatan terutama pada malam hari. Seperti pada H+2 kemarin, total kendaraan di Padalarang sejak pukul 20.00-2.00 tercatat 30.623 kendaraan dengan 18.772 di antaranya menuju arah Cianjur.

Sementara itu, kepadatan lalu lintas di Lembang terjadi terutama pada pagi hari lantaran banyak warga yang menuju ke sejumlah tempat wisata.

Menuju objek wisata



Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Vega, mengungkapkan bahwa wilayah Lembang memang selalu padat setelah Lebaran. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang berlibur ke beberapa tempat wisata.

"Berbeda dengan Padalarang yang terjadi kepadatan sebelum Lebaran, Lembang justru padat setelah Lebaran," ujarnya.

Meski demikian, menurut dia, pihaknya tetap melakukan pemantauan dan bersiaga di lokasi untuk membantu kepolisian mengurai kemacetan. Para pengendara pun diimbau untuk mematuhi rambu-rambu dan tertib lalu lintas untuk kenyamanan dan keselamatan bersama selama dalam perjalanan.***

Bagikan: