Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 21 ° C

Terjerat Kasus Korupsi, PDIP Pecat Abubakar

Joko Pambudi

BANDUNG, (PR).- DPD PDI Perjuangan Jawa Barat mengecam tindakan sekaligus memecat Abubakar terkait dugaan kasus korupsi yang saat ini tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. 

Apa yang dilakukan Abubakar dinilai sebagai tindakan individual yang tidak sejalan dengan arah partai. 

"Partai mengecam, memberhentikan Pak Abubakar dari keanggotaan PDI Perjuangan karena sudah berkali-kali diingatkan dalam pertemuan apapun, jangan melakukan perbuatan pidana, apalagi korupsi," ujar Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat, Abdy Yuhana di Kantor DPD PDIP, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jumat 13 April 2018.

Dia mengatakan, PDIP tidak mengetahui apa yang diduga dilakukan Abubakar, yaitu gratifikasi. "Apa yang terjadi di Kabupaten Bandung Barat perlu juga kami sampaikan bahwa itu merupakan aktivitas pribadi yang tidak ada sangkut pautnya dengan partai," katanya.

Sebagai tindak lanjut atas kasus tersebut, Abubakar diberhentikan dari keanggotaan PDIP. Kemudian, jabatan Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung Barat yang selama ini dijabat Abubakar, untuk sementara ditangani pelaksana tugas yaitu Yadi Srimulyadi. Pelaksana tugas itu diberi waktu sekitar tiga bulan untuk konsolidasi hingga ada ketua DPC baru.

Abdy Yuhana menuturkan, partai tidak memberikan pendampingan hukum kepada Abubakar atas kasus yang dialaminya. Hal itu sejalan dengan tindakan pidana yang disebut sebagai aktivitas pribadi, tidak terkait dengan partai.

Berkaitan dengan kelangsungan pemilihan kepala daerah, Abdy Yuhana berpendapat, kasus itu tidak akan berdampak besar, baik di lingkup pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati Kabupaten Bandung Barat. 

Di Bandung Barat, PDIP mengusung pasangan Elin Suharliah-Maman Sunjaya. Dukungan dari partai pun tetap akan diberikan untuk pemenangan pasangan tersebut.***

 

Bagikan: