Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 27.2 ° C

1.800 Pohon Ditanam di Bukit Sekar Kareumbi

Anwar Effendi
Sekar Telkom bekerja sama dengan Wanadi melakukan kegiatan penanaman pohon di Bukit Sekar Kareumbi.*
Sekar Telkom bekerja sama dengan Wanadi melakukan kegiatan penanaman pohon di Bukit Sekar Kareumbi.*
BANDUNG, (PR).- Serikat Karyawan (Sekar) PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menanam 1.800 pohon di kawasan Gunung Masigit Kareumbi, Kabupaten Bandung.

Direktur Wholesale & International Sevices Telkom, Abdus Somad Arief yang menghadiri acara Walipohon dan Walifauna itu mengemukakan, manajemen menyambut baik kegiatan yang digelar Sekar Telkom.

"Kegiatan bertajuk Walipohon dan Walifauna menyambut HUT ke-18 Sekar Telkom kali ini merupakan yang keenam kalinya. Total sudah 8.300 pohon yang kami tanam bekerja sama dengan Wanadri di sebuah bukit yang dinamakan Bukit Sekar di kawasan Kareumbi,” katanya, Selasa 6 Maret 2018.

Abdus Somad menambahkan, Telkom selalu mendukung kegiatan yang menyangkut pelestarian lingkungan. Pihaknya paham betul, kawasan Kareumbi butuh perhatian khusus dari seluruh pihak. Untuk itu, keterlibatan Sekar, Manajemen, dan komunitas sepeda motor bisa menjaga kawasan Kareumbi tetap hijau dan lestari.

Ketua Umum Sekar Telkom Asep Mulyana mengungkapkan, untuk jenis pohon yang ditanam pada Bukit Sekar ini adalah pohon keras guna menambah debit air agar memiliki daya serap yang tinggi dan baik untuk lingkungan. Pohon-pohon tersebut seperti Bintil, Mangli dan Kisereun.

"Kegiatan bertajuk Walipohon dan Walifauna menyambut HUT ke-18 Sekar Telkom kali ini merupakan yang keenam kalinya. Total sudah 8.300 pohon yang kami tanam bekerja sama dengan Wanadri di sebuah bukit yang dinamakan Bukit Sekar di kawasan Kareumbi,” kata Asep.

"Kebetulan di sini wilayah penanaman pohon dari KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) dikasih kepercayaan mengelola 223.000 hektare ternyata pohonnya ditebangi semua tanpa ada penanaman kembali, sehingga daerah sini tandus. Dari menteri kehutanan bekerja sama salah satunya dengan Wanadri untuk penanaman pohon kembali. Kita dari Telkom berpartisipasi lewat pohon itu sendiri dengan membuat Bukit Sekar," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Wali Pohon Sekar Telkom, Bambang Soenarmo mengatakan, untuk pemeliharaan pohon yang ditanam dilakukan kerja sama dengan Wanadri. Dengan merogoh kocek Rp 50 ribu untuk setiap pohonnya, pohon-pohon yang ditanam tersebut menjadi tanggung jawab dari pihak Wanadri. Selama tiga tahun pohon dirawat agar tumbuh baik, jika mati, maka Wanadri akan menggantinya dengan yang baru.

"Sekarang Bukit Sekar sudah memiliki luas wilayah 12 ribu hektare, nantinya kita akan tambah terus. Setiap pohon juga memiliki wali pohon jadi mereka yang mengadopsi pohon tersebut, nanti dikasih sertifikat dan diberikan tanggungjawab atas pohon itu," pungkas Bambang.***
Bagikan: