Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya berawan, 29.6 ° C

Berbahan Limbah Kayu, Lukisan Siluet dari Bandung Barat Ini Mendunia

Cecep Wijaya Sari
Rohimat Hermawan dan karya-karya siluetnya di Padalarang, Rabu 14 Februari 2018/CECEP WIJAYA/PR
Rohimat Hermawan dan karya-karya siluetnya di Padalarang, Rabu 14 Februari 2018/CECEP WIJAYA/PR

LIMBAH kayu bagi kebanyakan orang mungkin saja tak ada gunanya. Namun, bagi Rohimat Hermawan (64), barang rongsokan itu justru bisa menjadi karya seni bernilai jutaan rupiah.

Warga Kampung Caringin, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat ini menyulap limbah kayu menjadi gambar siluet nan artistik. Sejumlah tokoh nasional hingga dunia pernah dibuatnya menjadi karya siluet berbahan triplek.

"Bahan-bahan yang diperlukan mudah dan murah sebab memanfaatkan limbah dari pabrik di sekitar rumah saya," ujarnya saat memamerkan karyanya di Padalarang, Rabu 14 Februari 2018.

Bakat seninya sudah muncul sejak Rohimat masih remaja. Namun, ia mulai menekuni karya siluet sejak dua tahun terakhir secara otodidak disertai keinginannya untuk memanfaatkan limbah.

Tokoh-tokoh yang pernah dibuat siluet oleh Rohimat di antaranya Presiden RI Joko Widodo, Proklamator Soekarno-Hatta, Bruce Lee, Michael Jackson, dan juga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Rohimat juga bisa membuat siluet foto-foto pribadi sesuai dengan permintaan.

Menginspirasi



Rohimat mengaku tertarik membuat siluet tokoh-tokoh terkenal yang menginspirasi banyak orang. Bahkan, dia pun berencana membuat karya siluet tokoh perintis Pikiran Rakyat, Atang Ruswita. "Namun, saya belum dapat foto yang pas, sebab foto-foto beliau yang beredar di internet kurang bagus," ucap pria berkacamata ini.

Untuk membuat karya siluetnya, Rohimat mula-mula menyiapkan limbah kayu kemudian menghaluskannya. Media kayu biasanya berbentuk lingkaran berukuran 36-40 cm ataupun persegi panjang 50x70 cm persegi.

"Sebelum dibuat siluet, dibutuhkan foto objeknya dulu untuk kemudian diedit menggunakan komputer. Lalu hasilnya ditempel ke media kayu, baru kemudian diukir membentuk siluet," tuturnya.

Yang paling sulit, menurut dia, yaitu pada proses mengukir. Sebab, harus dilakukan dengan sangat teliti agar bisa membentuk detail gambar dan karakternya. Salah sedikit saja, pembuatan siluet harus diulang dari awal.

Untuk pembuatan satu karya siluet, Rohimat membutuhkan waktu sekitar tiga hari. "Itu mulai dari mengedit foto, mencari karakter objek, hingga membuat siluetnya," kata Rohimat.

Untuk karya siluetnya itu, Rohimat mematok harga Rp 150.000-jutaan rupiah, bergantung pada ukuran medianya serta tingkat kesulitan membuatnya. Tak hanya membuat siluet wajah orang, Rohimat juga bisa membuat karya-karya lain, seperti kaligrafi dan gambar lainnya.

Saat ini, Rohimat memasarkan karya-karyanya secara daring melalui media sosial. Karya-karyanya ini sudah menembus pasar nasional bahkan internasional, seperti Jepang, Arab Saudi, dan Perancis. Ia pun sering diundang ke berbagai acara televisi terkait dengan karya-karyanya itu.

"Yang lebih membanggakan, karya saya diapresiasi oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Setiap ada kunjungan dari luar negeri ke Jabar, saya diminta membuat siluet Soekarno, Jokowi, dan kepala negara dari perwakilan yang berkunjung ke Jabar itu," tuturnya.***

Bagikan: