Pikiran Rakyat
USD Jual 14.235,00 Beli 13.935,00 | Berawan, 25.9 ° C

Malam Ini, Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon dalam Pilgub Jabar

Novianti Nurulliah

BANDUNG, (PR).- Komisi Pemilihan Umum Jabar akan melakukan pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dalam Pilgub Jabar 2018 di Gedung Youth Center Sport Jabar Arcamanik Jalan Pacuan Kuda Nomor 140, Kota Bandung, Selasa, 13 Februari 2018 malam.

Pengundian nomor urut pasangan calon dikemas dalam rangkaian acara formal dan dibalut rangkaian kesenian tradisional yang disiarkan langsung I-News TV pukul 19.00 WIB.

"Kegiatan ini akan dihadiri sekitar 1.500 undangan. Undangan terdiri atas masing-masing 200 pendukung paslon dan 700 orang dari unsur pemerintahan dan bawaslu, Ketua KPU Provinsi se-Indonesia, bupati/walikota dan panwaslu kabupaten/kota se-Jawa Barat," kata Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq dalam keterangan pers, Selasa, 13 Februari 2018 siang.

Menurut dia, teknis pengundian kali ini berbeda dengan Pilgub Jabar sebelumnya. Para paslon mengambil nomor urut dari sebuah kendi atau alat penyimpan air minum tradisional. "Itu sebuah simbol, yang sarat makna," ujar Endun.

Ia menambahkan nomor itu akan menjadi identitas paslon. Selanjutnya, nomor urut itu digunakan untuk alat peraga kampanye (APK), bahan kampanye (BK), dan surat suara.

"Para paslon tidak diberi kesempatan menyampaikan pidato dalam forum, tetapi langsung menandatangani deklarasi damai," ucap Endun.

Empat bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018-2024‎ resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar sebagai pasangan calon. Hal itu seiring dengan hasil keputusan rapat pleno terbuka pengumuman pasangan calon pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar 2018 di Aula Setia Permana, KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin, 12 Februari 2018.

Keempat pasangan calon dalam Pilgub Jabar 2018 tersebut yaitu pasangan Rindu, Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ulum yang diusung oleh Nasdem, PPP, PKB dan Hanura. Pasangan calon 2 DM, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang didukung oleh Golkar dan Demokrat. Pasangan calon Asyik, Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang diusung oleh PKS, PAN, dan Gerindra. Pasangan calon Hasanah, Hasanuddin dan Anton Charliyan yang didukung oleh PDIP.***

Bagikan: