Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Berawan, 21.4 ° C

Yana Mulyana di Balik Rase FM dan Impian Mengubah Bandung

PASANGAN bakal calon Wali Kota Bandung Oded M Danial (tengah) dan bakal calon Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (kiri), menyerahkan berkas administrasi kepada Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarak saat mendaftar di kantor KPU Kota Bandung, Rabu 10 Januari 2018.*
PASANGAN bakal calon Wali Kota Bandung Oded M Danial (tengah) dan bakal calon Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (kiri), menyerahkan berkas administrasi kepada Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarak saat mendaftar di kantor KPU Kota Bandung, Rabu 10 Januari 2018.*

SEBAGAI pendiri Radio Rase FM, Yana Mulyana dikenal sukses sebagai pengusaha. Ia juga memiliki bisnis properti dan beberapa lini usaha lainnya. Sejumlah jabatan di organisasi kemasyarakatan pernah diembannya hingga Yana bergabung dengan Partai Gerindra dan diusung menjadi calon wakil wali kota Bandung.

Kiprah Yana di Rase FM dimulai pada 1987 ketika ia melanjutkan proses perizinan pendirian Radio Rase yang sebelumnya sempat tertunda.

Sukses dengan Rase FM, Yana mengembangkan usaha lainnya di bidang properti. Ia bahkan pernah menjadi Ketua DPD REI (Real Estate Indonesia) Jabar pada 2011-2014, dan menjadi distributor Semen Tiga Roda wilayah Jawa Barat.

Selain menjadi pengusaha, Yana juga aktif di organisasi kepemudaan dan olah raga. Ia pernah mendapatkan amanah sebagai Bendahara KNPI Jabar pada 1991-1997, Wakil Ketua HIPMI pada 2000-2006, dan Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Jabar pada 2009-2013.

Sementara itu, jabatan di organisasi olahraga yang pernah dipegang Yana di antaranya Ketua Taekwondo Jabar pada 2009-2013 serta Ketua PSSI Kota Bandung untuk periode 2014-2018.

Mencalonkan diri memimpin Bandung



Sebelum ramai penjaringan kandidat bakal calon wali kota dan wakil wali kota Bandung, nama Yana Mulyana sudah beredar di masyarakat. Pria kelahiran Bandung 17 Februari 1965 itu memang berniat maju di Pilwakot Bandung 2018.

Awal tahun 2017, Yana sudah menyosialisasikan dirinya ke masyarakat. Ia mengimpikan Bandung menjadi kota yang aman, nyaman, dan sehat. Menurut Yana, untuk mewujudkan impian tersebut, maka ia harus masuk ke dalam sistem dengan menjadi kepala daerah.

Maka, pada hari pertama dibukanya pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah oleh Partai Gerindra, Yana pun mendaftarkan diri. Ia kemudian ditetapkan mendampingi Oded M Danial di Pilwakot Bandung.

Berbekal pengalamannya sebagai pengusaha dan pernah menduduki jabatan strategis di sejumlah organisasi, Yana yakin dapat menyelesaikan persoalan klasik di Kota Bandung seperti infrastruktur jalan, sampah, transportasi umum, dan pedagang kaki lima.

Kini, Yana Mulyana tercatat masih menjabat sebagai Ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan TNI-Polri Indonesia (FKPPI) masa jabatan 2016-2021.***

Bagikan: