Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sedikit awan, 20.3 ° C

Jika Tidak Cuti, ASN Tak Boleh Perpanjang Libur Natal dan Tahun Baru

Ririn Nur Febriani

CIMAHI, (PR).- Sekitar 100 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Cimahi mengambil jatah cuti tahunan di akhir tahun 2017. Para ASN wajib masuk pascalibur cuti tahunan maupun cuti bersama yang ditetapkan pemerintah dan langsung memulai pelayanan.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi Harjono, Kamis, 21 Desember 2017. "Hanya ASN yang mendapat izin cuti yang boleh perpanjang libur selain cuti bersama. Yang lain masuk seperti biasa," ujarnya.

Para PNS akan mendapat libur Hari Raya Natal pada Senin, 25 Desember 2017 dan cuti bersama Selasa, 26 Desember 2017, serta Tahun Baru 2018 pada Senin, 1 Januari 2018. "Pada Rabu (27 Desember 2017) dan Selasa (2  Januari 2018), langsung masuk dan apel seperti biasa. Pelayanan langsung buka tidak terkecuali," katanya.

Diakui Harjono, sejauh ini tidak ada edaran dari pemerintah pusat yang melarang ASN ambil cuti tahunan di akhir tahun. 

"Banyak ASN yang mengajukan cuti dan mayoritas disetujui oleh pimpinannya bagi yang sudah menyelesaikan pekerjaan di akhir tahun. Sekitar 3-5% ASN per dinas yang cuti," ucapnya.

Sanksi tegas



Sejauh ini tidak ada agenda besar Pemkot Cimahi di akhir tahun 2017. "Hanya unit-unit teknis yang piket di libur Natal-Tahun Baru," imbuhnya.

Pihaknya bakal memberikan sanksi tegas bagi ASN yang melanggar disiplin. Tapi pemberian sanksi akan diberikan melalui atasannya masing-masing. "Karena yang paling tahu mana PNS disiplin dan yang tidak disiplin itukan atasannya," ungkapnya.

Apalagi, pihaknya bakal memberlakukan perubahan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Kota Cimahi berganti menjadi Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). "Kehadiran juga dihitung dari absensi apel maupun kerja. Absensi berlaku dua kali, ya untuk memacu semangat bekerja sehingga kinerja pelayanan juga optimal," tuturnya.***

Bagikan: