Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 21.2 ° C

Sidang Vonis, Alumni Aksi 212 Bela Buni Yani

Yedi Supriadi
SUASANA di halaman Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, lokasi sidang vonis Buni Yani, Selasa, 14 November 2017.*
SUASANA di halaman Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, lokasi sidang vonis Buni Yani, Selasa, 14 November 2017.*

BANDUNG, (PR).- Sejumlah massa melakukan aksi unjuk rasa di halaman depan Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bandung, Jalan Seram, Selasa, 14 November 2017. Aksi itu digelar bertepatan dengan sidang vonis Buni Yani.

Sementara itu, di ruang persidangan majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung yang diketuai Saptono sedang membacakan amar putusan.  Pembacaan putusan dimulai pukul 10.00 WIB. Hingga berita ini disusun, pembacaan putusan belum juga selesai. 

Di kursi pengunjung sidang, banyak tokoh-tokoh yang hadir menyaksikan jalannya sidang vonis Buni Yani ini.  Salah satu diantaranya  tokoh nasional Amien Rais

Di luar persidangan, massa yang beberapa diantaranya mengaku dari alumni aksi 212 pun hadir di lokasi. Dari orasi yang disampaikan, mereka meminta agar hakim memutuskan membebaskan Buni Yani.

"Kami berharap hakim memberikan putusan yang adil. Hakim memutuskan Buni Yani terbebas dari hukum," kata seorang orator.

Pengunjung diperiksa



Sidang vonis Buni Yani ini dijaga ratusan petugas kepolisian. Polisi beratribut lengkap berjajar menjaga lokasi persidangan.

Polisi juga memasang kawat baja berduri di sekitar gedung. Pengamanan lebih diperketat di pintu masuk gedung. Pengunjung yang akan masuk ruang pesidangan diperiksa dengan alat khusus.

Seperti diketahui, Buni Yani merupakan terdakwa kasus dugaan ujaran kebencian dan pelanggaran UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE).  

Dalam tuntutannya, jaksa menuntut Buni Yani dengan dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider kurungan tiga bulan.

Jaksa berpendapat, Andi melanggar pasal 32 ayat 1 jo pasal 48 ayat 1 Undang-undang RI nomor 11/2008 tentang ITE jo Undang-undang RI nomor 19/2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11/2008 tentang ITE.***

Bagikan: