Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 28.5 ° C

Pawai Unik Meriahkan Jalan Dewi Sartika

Sarnapi
Ratusan siswa SD Assalaam berjalan di antara kepadatan lalu lintas Jalan Pungkur dalam Pawai Agustusan, Rabu, 16 Agustus 2017.*
Ratusan siswa SD Assalaam berjalan di antara kepadatan lalu lintas Jalan Pungkur dalam Pawai Agustusan, Rabu, 16 Agustus 2017.*

BANDUNG,(PR).- Ratusan siswa SD Assalaam, Kota Bandung memeriahkan pawai unik, Rabu, 16 Agustus 2017. Mereka berjalan dari Jalan Dewi Sartika, menuju ke Alun-Alun Bandung dan Balonggede.

Para siswa mengenakan pakaian dengan berbagai tema. Mulai dari pakaian adat, pakaian profesi, dan super hero.

Pawai dimulai dari lokasi SD Assalaam, Jalan Sasakgantung menuju ke Jalan Pungkur-Dewi Sartika-Dalem Kaum (Alun-Alun)-Balonggede. "Sebanyak 600 siswa dari kelas I sampai VI mengikuti karnaval untuk memerihkan peringatan kemerdekaan Indonesia," kata ketua panitia, Dodi, Rabu, 16 Agustus 2017.

Pawai menarik perhatian masyarakat dan para pengguna jalan apalagi di depan siswa terdapat marching band SD Assalaam. "Kami juga membawa sound system yang menyuarakan lagu-lagu perjuangan seperti Halo-Halo Bandung," ujarnya.

Sedangkan ketika siswa kembali ke sekolah, kata Dodi, diadakan lomba khas Agustusan seperti lomba makan kerupuk, memasukkan pensil ke botol, bakiak berjemaah, balap karung pakai helm, dan tiup bola pingpong di air.

"Lomba lainnya mewarnai, menggambar, tarik tambang, cipta komik, cipta puisi, merias wajah, dan cipta cerita pendek. Lomba bersifat hiburan, namun ada unsur pendidikan dan menjalin kebersamaan," ujarnya.

Suasana lomba berlangsung meriah apalagi para peserta menjadi perwakilan tiap kelas. Mereka saling menyemangati teman-temannya satu kelas agar menjadi juara lomba.

"Lomba ini diadakan tiap tahun untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan pawai Agustusan baru pertama kali diadakan," katanya.***

Bagikan: