Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 21.2 ° C

Terlalu, Dalam Sehari Ada 200 Panggilan Iseng Masuk ke Dinas Kebakaran Bandung

Muhammad Fikry Mauludy

BANDUNG, (PR).- Saluran telefon darurat Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung masih diganggu oleh penelepon iseng. Dalam satu hari, telefon iseng yang masuk di jalur laporan kebakaran dan kebencanaan itu bisa mencapai 200 lebih.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Sihar Pandapotan, di Bandung, Rabu 21 Juli 2017 mengatakan, saat ini telah tersimpan 100 lebih data penelepon yang akan diproses pengenaan UU ITE. Kebanyakan dari orang iseng itu menelpon hanya untuk kenalan, atau sekadar mengobrol. Ada juga suara anak kecil yang kemungkinan lepas dari pengawasan orangtua. 

“Makanya, kami mengimbau kepada warga, juga orang tua yang anaknya sering luput dari pengawasan saat memegang smartphone, agar tidak menggunakan saluran darurat ini untuk main-main,” ujarnya.

Saat ini mereka telah memiliki sistem pemblokiran nomor. Akan tetapi, hal itu bisa menutup akses bagi si penelepon saat mengalami kedaruratan. Meski begitu, untuk sementara nomor telefon iseng itu ditelefon balik untuk memperingatkan penelepon. Sesuai prosedur standar, setelah tiga kali nomor tersebut menelepon iseng meski telah diperingatkan, maka nomor tersebut akan diblokir pada kesempatan keempat.

“Satu per satu telefon ulang. Kita ingatkan dulu, karena ada yang masih anak kecil. Kalau telefon rumah, kita telefon orangtuanya. Kita edukasi mereka, takutnya ketika anda melaporkan kebakaran, anda tidak bisa menelepon ke kami karena telah diblokir,” ujarnya.

Hubungi nomor darurat



Seperti diketahui, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung telah memiliki perangkat canggih. Meskipun masih terdapat akses darurat melalui jaringan telefon tetap (PSTN), nomor darurat via aplikasi pun sudah tersedia.

Akses telefon tetap atau biasa disebut telefon rumahan harus menambah kode wilayah menjadi 022-113. Sementara kelebihan menghubungi petugas pemadam kebakaran atau peristiwa penyelamatan lewat aplikasi adalah bebas pulsa, asalkan ada kuota internet tersedia.

Pengguna aplikasi Emergency Call 113 ini diwajibkan mengisi alamat lengkap beserta nomor GSM yang sedang digunakan pada telefon pintar. Tampilannya pun ringkas, mirip aplikasi panic button. Dari bingkai tampilan, hanya ada tombol besar berdiameter 2 sentimeter untuk memudahkan saat menekan tombol dalam keadaan darurat.

Jika sudah terhubung, maka nomor telefon GSM yang digunakan akan muncul di layar layanan pusat komando Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung. “Ini respons Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung melalui Sijabung, sistem informasi pasti nyambung yang sudah lolos di tingkat kementerian (Kemendagri) dan masuk inovasi baru,” ujar Sihar.

Walau demikian, ia menjamin aktivitas penelepon iseng itu tidak akan menggangu jalur darurat lain yang tersedia hingga 8 line siaga beserta operator. “Biasanya ada warga karena panik menanyakan perkembangan bantuan kami yang sedang di perjalanan. Biar pun dia menelepon 6 kali berturut-turut, tapi sudah dicek sebelumnya bahwa dia melaporkan hal yang benar, pasti kami layani terus,” tuturnya.***

Bagikan: