Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 29.3 ° C

H-3, Arus Mudik di Padalarang Mulai Meningkat

Cecep Wijaya Sari
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 22 Juni 2017. H-3 Lebaran, volume kendaraan di Padalarang mulai meningkat.
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 22 Juni 2017. H-3 Lebaran, volume kendaraan di Padalarang mulai meningkat.

NGAMPRAH, (PR).- Tiga hari menjelang Lebaran, Kamis 22 Juni 2017, volume kendaraan yang melintasi Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat mulai meningkat. Meski demikian, arus lalu lintas terpantau ramai lancar.

Sejumlah kendaraan yang didominasi sepeda motor melaju dari arah Bandung menuju Cianjur ataupun sebaliknya. Para pemudik tampak membawa kardus ataupun kemasan barang lainnya pada sepeda motor mereka.

Sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan KBB dan Polres Cimahi tampak mengatur lalu lintas di sekitar pertigaan Tagog, Padalarang. Petugas juga dibantu para anggota Pramuka serta masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perhubungan KBB, Ade Komarudin, didampingi Kabid Teknik dan Prasarana, A. Fauzan, mengungkapkan, peningkatan arus mudik sudah mulai terlihat sejak H-4. Pada H-3, tercatat sekitar 22.000 sepeda motor arah Bandung dan meningkat menjadi 30.000 motor pada H-4.

"Jalur mudik utama memang di Padalarang, sebab jalur Lembang biasanya padat saat warga menuju destinasi wisata. Jadi, Lembang biasanya padat justru setelah Lebaran," katanya.

Ade menambahkan, untuk mengantisipasi membeludaknya kendaraan saat puncak arus mudik, pihaknya tetap berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatur lalu lintas. Teknisnya, bisa dengan memberlakukan buka tutup jalan ataupun counterflow jika dibutuhkan. "Instruksinya nanti ada di kepolisian. Jadi, kami ikuti arahan dari kepolisian nanti untuk mengurai kemacetan," katanya.***

Bagikan: