Pikiran Rakyat
USD Jual 14.027,00 Beli 14.125,00 | Sebagian cerah, 29.1 ° C

Tol Soroja Terganjal Pemindahan 2 Masjid

Sarnapi
PEKERJA mengoperasikan backhoe menyebar tanah untuk mengurug proyek jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) di Rancamalang, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Minggu 4 Juni 2017. Pengurukan tanah untuk pengerasan masih dilakukan di titik sekitar 500 meter dari Pasirkoja.*
PEKERJA mengoperasikan backhoe menyebar tanah untuk mengurug proyek jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) di Rancamalang, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Minggu 4 Juni 2017. Pengurukan tanah untuk pengerasan masih dilakukan di titik sekitar 500 meter dari Pasirkoja.*

SOREANG,(PR).- Penyelesaian jalan Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) kembali terhambat. Satu masjid yang berada di tapak proyek kini masih digunakan warga. Proses pembangunan masjid baru yang dijanjikan pemerintah berlangsung alot dan kini baru sekitar 40 persen.

"Pada intinya pengurus masjid dan warga takkan menghalangi pembangunan jalan Tol Soroja. Namun, kami juga harus mendapat kepastian adanya masjid pengganti," kata Aep Ubaidillah, pengurus Masjid Nurul Falah. masjid itu terletak di Kampung Rancamalang, Desa/Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Aep ditemui di Masjid Nurul Falah, Minggu 4 Juni 2017.

Dia menambahkan, ada dua masjid yang berada di trase jalan Tol Soroja yakni Masjid Al Amanah dan Masjid Nurul Falah. Kedua masjid itu harus dibongkar dan direlokasi ke tempat baru. "Pembangunan masjid yang awalnya dilakukan pihak masjid ternyata diambil alih sepenuhnya oleh Pemkab Bandung. Lokasi baru kedua masjid tidak jauh dari lokasi lama," ujarnya.

Dari uang ganti rugi masjid, kata Aep, diserahkan sepenuhnya kepada kontraktor masjid yang ditunjuk Pemkab Bandung. "Pengurus masjid dan warga membantu semampunya karena semua ditangani pihak kontraktor. Perkembangan pembangunan Masjid Nurul Falah sekitar 40 persen dan Masjid Al Amanah sekitar 20 persen," ujarnya.

Warga dukung Tol Soroja



Masjid Nurul Falah rencananya dibangun dua lantai, sedangkan Masjid Al Amanah tetap satu lantai. Masjid Al Amanah sudah dibongkar sehingga kegiatan masjid dipindah ke tenda sementara. Salat wajib, sunah, dan salat Jumat, kata Aep, dilakukan di dalam tenda.

Sedangkan Masjid Nurul Falah masih tegak berdiri meski di sekelilingnya sudah diratakan tanahnya untuk jalan tol. "Jemaah masjid takkan mampu ditampung di dalam tenda sehingga kami keberatan kalau masjid dibongkar. Pihak kontraktor Soroja, PT Citra Lintas Marga Jabar, datang ke Masjid Nurul Falah dan meminta masjid segera dibongkar. Namun, pengurus masjid dan warga keberatan karena warga kesulitan untuk ibadah," katanya.

Dengan perkembangan pembangunan masjid sampai 40 persen, kata Aep, diperkirakan baru sekitar Agustus 2017 pembangunan Masjid Nurul Falah bisa selesai. "Jadi sepertinya sulit kalau jalan tol Soroja bisa beroperasi pada Juli 2017 ini selama masjid belum bisa dipakai. Kami tak meminta masjid 100 persen selesai, tapi asalkan sudah beres dua lantai dan menggelar karpet meski belum dikeramik," katanya.***

Bagikan: